Tips Ink Photography

Unik dan ga biasa ya jenis fotografi yang satu ini.. Wajib banget kamu coba apalagi ga ribet buatnya.. Simak tipsnya yuk!

1. Set foto yang memadai

Ga perlu foto di studio, kamu juga bisa foto di rumah, ya sesimple itu.. Alat-alat yang digunakan juga sederhana, kamera dan tripod. Selain itu untuk pencahayaan kamu bisa menggunakan flash eksternal atau lampu LED. Tidak perlu mahal.

2. Ukuran akuarium

Ukuran akuarium menentukan jumlah tinta yang perlu kamu suntikkan ke dalam air. Kalau akuariummu besar, pasti perlu lebih banyak tinta untuk membuat efek gumpalan seperti awan. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan fotomu. Selain di akuarium kamu juga bisa menggunakan gelas atau toples bening.

Source : dpreview.com

3. Pilih warna tinta yang menarik

Biasanya dalam fotografi ini menggunakan 2 warna atau lebih tinta. Tetapi perlu kreatifitas dalam memilih warna sehingga hasilnya menarik. Pilih warna yang eye catching jadi langsung menarik perhatian. Ilmu pada padan warna juga perlu kamu ketahui dalam pencampuran warna.

Source : experimentwithnature.com

4. Warna background

Umumnya ink photography menggunakan background warna putih atau hitam. Warna putih memberikan kesan bersih, simple, dan modern. Sedangkan warna hitam memberikan kesan kuat, ekslusif, misterius. Sebaiknya warna background menyesuaikan warna tinta yang akan kamu gunakan, jangan sampai membuat warnamu jadi redup dan tenggelam.

5. Angle pengambilan gambar

Angle pengambilan gambar juga cukup berpengaruh. Kamu dapat menemukan bentuk yang berbeda-beda dari berbagai macam sudut. Untuk mendapatkan sudut yang menarik, kamu perlu berkali-kali menyuntikkan tinta ke dalam air, alias trial and error. Kamu bisa mencoba menggunakan lensa makro untuk mendapatkan detail gumpalan tinta yang cukup ekstrem.

6. Tanggap menangkap momen

Ink photography mirip dengan fotografi di alam. Kamu perlu peka dan tanggap untuk menangkap momen yang ada sehingga bisa mendapatkan foto yang bagus.