Tips Fotografi Chiaroscuro (Part 2)

2. Jangan biarkan makanan menunggu

Prinsip yang perlu kamu ketahui dalam memotret makanan :

a. Foto saat makanan masih segar, baru dimasak. Semakin lama kamu membiarkannya, maka makanan akan semakin terlihat tidak menarik.

b. Bekerja dengan cepat. Memotret makanan saat panas, mengeluarkan asap atau makanan dingin saat sebelum mencair akan menambahkan selera pada fotomu.

Persiapkan segala sesuatunya sebelum makanan siap. Atur penataan makanan, pencahayaan yang pas sehingga ketika makanan siap, kamu dapat langsung memotret. Lakukan beberapa percobaan terlebih dahulu sebelum makanan keluar sehingga kamu mendapatkan pengaturan yang pas sesuai yang kamu inginkan. Kamu dapat menggunakan bantuan tripod untuk menjaga posisi kamera tetap pada tempatnya dan kamu tidak perlu mengatur lagi pencahayaan, aperture atau titik fokus.

EOS 5D Mark II/ EF24-105mm f/4L IS USM/ FL: 88mm/ Manual exposure (f/5.0, 1/60 det., EV±0)/ ISO 400/ WB: Daylight

Persiapan sebelumnya tidak hanya pada pencahayaan dan posisi reflektor gelap tetapi juga penempatan cone es krim. Dengan bantuan tripod, dapat menjaga kamera berada pada tempat yang sama. Sehingga ketika semuanya siap, kamu tinggal menyendok es krim dan langsung memotret.

3. Kilauan pada makanan yang mengundang selera

Jika dilakukan dengan tepat, kamu dapat membuat foto makananmu terlihat menggiurkan.

a. Pertimbangkan sudut pencahayaan karena hal ini penting. Tentukan sudut pencahayaan yang mau diambil kemudian bidik secara diagonal dari atas subjek.

b. Jaga kilauan agar tidak terlalu banyak. Untuk area yang bersinar pastikan hanya sekitar 20-30% dari makanan karena dapat mempengaruhi hasil foto dan fotomu terlihat over.

c. Disarankan untuk menggunakan focal length 70mm, jangan terlalu wide karena dapat mendistorsi benda sehingga terlihat tidak wajar.

EOS 5D Mark II/ EF100mm f/2.8L Macro IS USM/ FL: 100mm/ Manual exposure (f/6.3, 1/40 det., EV±0)/ ISO 400/ WB: Daylight