Tips Foto Dengan Kamera HP (Part 1)

Buat kamu yang ingin mendalami fotografi tapi belum punya kamera DSLR atau mirrorless, kamu juga bisa pakai kamera HP loh buat belajar. Ga perlu minder ya Sobat KEE. Karena meskipun kamu hanya bermodal HP tapi kalau kamu paham dan menguasai ilmunya dan teknik pengambilan gambar yang baik sudah bisa dibilang kalau kamu adalah seorang calon fotografer profesional! Yuk simak tips untuk foto dengan kamera HP :

1. Kenali kamampuan HP mu

Semua pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Akan lebih baik kalau kamu menguasai kelemahan dan kelebihan kamera HP mu sehingga kamu bisa memaksimalkan dalam penggunaannya. Misalnya seberapa baik kualitas kameranya, apakah lebih baik memotret siang atau malam hari, apakah bisa membidik objek dengan kondisi cahaya minim? Perlu banget kamu pikirin pertanyaan-pertanyaan tersebut sehingga kamu bisa lebih peka dan kreatif dalam memanfaatkan fitur di HP mu.

2. Pelajari dan coba berbagai macam setting

Biasanya terdapat berbagai macam pengaturan efek dan mode pada kamera, kamu dapat mencobanya satu per satu. Misalnya HDR mode, burst mode, efek foto sepia, hitam putih, dsb. Jangan pernah takut untuk mencoba, mungkin kamu bisa mendapatkan ide dari sana.

3. Belajar dasar komposisi foto

Tujuan dari mengatur komposisi adalah untuk membangun mood foto agar memiliki keseimbangan objek pada foto tersebut. Mengatur komposisi dapat melatih kepekaan mata untuk menangkap berbagai elemen seperti garis, bentuk, warna, dan gelap terang. Cara mudahnya waktu akan memotret kamu bisa coba pikirkan kembali apakah subjek dan elemen-elemen dalam frame sudah cocok dan sesuai belum, apa masih ada cara supaya terlihat lebih baik? Bisa dengan menggeser subjek atau kamu yang perlu bergeser.

4. Perhatikan exposure

Exposure mengacu pada berapa banyak cahaya yang masuk ke sensor yang berpengaruh pada seberapa terang atau gelapnya foto yang dihasilkan. Eksposure akan mempengaruhi kualitas foto secara keseluruhan.

5. Cahaya

Biasanya masalah ketika mengambil foto di dalam ruangan adalah jumlah cahaya yang minim. Padahal dengan jumlah cahaya yang tepat bisa membuat hasil fotomu terlihat jelas dan jernih. Foto makanan menjadi terlihat menggoda, ekspresi wajah terlihat lebih ceria, dan lingkungan terlihat lebih detail. Usahakan untuk menggunakan cahaya alami, kamu bisa memotret dekat jendela atau pintu saat di dalam ruangan. Pada malam hari kamu bisa menggunakan cahaya tambahan berupa flash, tetapi perlu diingat untuk menggunakan diffuser ya agar cahayanya tidak terlalu keras.

6. Peka pada momen menarik

Momen penting dan menarik biasanya datag tidak terduga, diperlukan kejelian dalam melihat dan sigap menangkap momen tersebut. Fokuskan pada subjek utama dengan berbagai pengaturan yang ada pada kameramu sehingga hasilnya lebih maksimal.