Tips Bisnis Fotografi Tanpa Modal

1. Tanpa modal bisa

Mau memulai bisnis fotografi tapi modal minim bahkan ga ada modal apa bisa min? Bisa kog Sobat KEE.. Kalau kamu cukup mahir dalam fotografi, itu adalah salah satu kelebihanmu. Jika ada permintaan untuk memotret tapi kamu belum punya kamera, kamu bisa meminta DP dulu kemudian gunakan uang tersebut untuk menyewa peralatan. Sekarang banyak tempat penyewaan dengan harga terjangkau dan prosesnya cukup mudah. Tapi perlu diingat agar kamu memeriksa terlebih dahulu kondisi kameranya sebelum menyewa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Tidak harus punya peralatan mahal

Peralatan mahal memang dapat membantu kamu untuk mendapatkan foto yang bagus, tapi tidak jaminan hasil fotomu akan selalu bagus. Selalu kembali lagi pada penggunanya, apakah kamu cukup kreatif dan dapat melihat komposisi yang tepat untuk suatu foto.

3. Buat portfolio terbaik

Portfolio dalam fotografi merupakan hal yang penting karena kamu dapat meyakinkan konsumenmu melalui portfoliomu. Portfolio juga dapat menjadi tolak ukur nilai fotografimu apakah terlihat profesional dan menarik. Selain itu, melalui portfolio kamu dapat menunjukkan style fotografimu dan kamu dapat tidak mengikuti jika keinginan klien tidak sejalan dengan style fotografimu.

4. Tentukan patokan harga

Berikan harga yang kamu anggap pantas dengan hasil kerjamu melalui portfolio yang kamu berikan dan pastikan sesuai dengan skill yang kamu miliki. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan apakah memerlukan peralatan mahal, atau mungkin kamu perlu menyewa peralatan tertentu.

5. Foto teman sendiri

Kamu dapat menawarkan jasa fotomu pada orang yang terdekat misalnya saudara atau teman. Tetapi jangan salah, tidak perlu memberikan harga murah pada teman karena sungkan, berikan harga sesuai dengan kebutuhan foto dan skill yang kamu miliki. Teman dan saudara yang baik akan mendukung kamu utnuk terus berkembang bukannya menawar dan minta harga murah dengan alasan teman atau saudara.