Jenis Fotografi Landscape

Dalam fotografi landscape pemandangan adalah subjek utama dari foto. Biasanya elemen manusia di dalam foto cukup jarang ditemukan pada fotografi landscape, jika adapun biasanya untuk menunjukkan skala pada foto, seberapa besar atau kecilnya sebuah objek. Ada beberapa jenis fotografi landscape, apa aja sih?

1.Fotografi representasi

Pada jenis fotografi ini, apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan. Biasanya fotografer tidak melakukan apapun pada tampilan pemandangan, hanya memotret keindahan asli dari alam. Kamu perlu memperhatikan cahaya dan cuaca saat memotret sehingga fotomu dapat terlihat mengesankan. Kamu juga bisa menambahkan filter untuk membuat fotomu lebih halus seperti lukisan.

2. Foto landscape impresi

Jenis foto ini biasanya menggunakan suatu teknik yang memiliki tujuan menciptakan sebuah gambar yang memiliki emosi dan keatifitas. Jenis fotografi ini biasanya bersifat subjektif karena setiap orang yang melihat memiliki persepsi yang berbeda-beda. Jenis fotografi ini masih termasuk dalam foto landscape karena objek yang diambil adalah keindahan alam.

Source : https://foto.co.id/

3. Foto landscape abstrak

Dalam fotografi landscape juga bisa menunjukkan pola dan bentuk yang terbuat dari alam. Selain itu juga tidak selalu harus pemandangan alam, bisa juga perkotaan dan gedung-gedung yang dapat memberikan garis, sudut dalam membuat sebuah foto.

4. Foto landscape perdesaan

Biasanya foto ini menggambarkan pemandangan yang tidak ada manusianya. Kebanyakan foto ini diambil di luar daerah perkotaan, seperti di ladang atau daerah pertanian dan perkebunan.

5. Foto landscape hamparan laut

Jenis foto ini menunjukkan pemandangan hamparan pantai atau lautan yang luas. Biasanya fotomu akan terlihat lebih berkesan saat darat dan lautan bertemu. Bisa juga terdapat interaksi aktifitas manusia di dalamnya.