Untuk Menjaga Kamera Tetap Awet (Part 2)

Kemarin kita sudah bahas beberapa yang perlu diperhatikan supaya kamera tetap awet. Ternyata ada yang dilarang buat kita lakuin loh Sobat KEE, cek disini yuk!

1. Jangan mengguncang, mengetuk bahkan menjatuhkan kamera

Jika kamu melakukan hal-hal di atas, bisa mengakibatkan kerusakan pada fisik kamera, penyok, baret, bahkan bisa merusak bagian dalam kamera akibat guncangan dan benturan yang terlalu keras.

2. Sensor kamera terbuka

Dilarang membiarkan sensor kamera terbuka sehingga debu masuk dan menempel pada sensor. Jika debu sudah menempel pada sensor, akan terlihat noda buram pada hasil fotomu.

 

3. Menaruh kamera pada suhu ekstrem

Dilarang untuk menaruh kamera pada suhu yang ekstrem, sangat panas atau sangat dingin karena dapat menyebabkan kondensasi pada kamera.

4. Menyimpan kamera pada tempat panas dalam jangka waktu lama

Dilarang untuk menyimpan kameramu pada tempat panas yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama karena dapat merusak sensor pada kamera.

5. Menyentuh lensa

Dilarang menyentuh lensa dengan jari langsung karena dapat mengakibatkan sidik jari menempel pada lensa secara permanen.

 

6. Menyemprot larutan pembersih langsung ke kamera

Dilarang untuk menyemprot larutan pembersih ke kamera langsung karena dapat mengakibatkan cairan masuk ke dalam kamera dan terjadi kondensasi di ruang lensa.