Untuk Menjaga Kamera Tetap Awet (Part 1)

Udah beli mahal-mahal pastinya kamu mau kameramu awet ga rusak-rusak ya.. Nah mimin ada beberapa tipsnya buat kamu, yang harus dilakuin apa aja sih supaya awet..

1. Matikan kamera saat mau mengganti lensa

Penting untuk diperhatikan ketika kamu mau mengganti lensa, agar mematikan kamera terlebih dahulu. Selain itu saat mengganti lensa bodi kamera harus menghadap ke bawah agar debu tidak masuk ke dalam kamera dan lensa.

2. Gunakan filter UV

Disarankan untuk memasang filter UV pada lensa untuk menghindari goresan sekaligus melindungi lensa dari debu dan sidik jari.

 

3. Jangan lupa tutup lensa

Bila kamera tidak digunakan, kamu dapat menutup lensa agar bagian depan dan belakang lensa tetap terlindungi dari goresan atau kerusakan lainnya.

4. Gunakan kain pembersih

Saat membersihkan lensa disarankan untuk menggunakan kain pembersih mikro, jangan gunakan baju untuk membersihkan lensa karena dapat membuat lensa tergores. Kamu dapat menggunakan beberapa tetes cairan pembersih lensa pada tisu lensa atau kain pembersih.

5. Lepaskan baterai saat tidak digunakan

Jika kamu tidak menggunakan kamera dalam jangka waktu cukup lama, kamu dapat melepas baterai akmera untuk mencegah kebocoran baterai dan kemungkinan terjadinya arus pendek pada kamera.

6. Simpan kamera pada kotak kering

Simpan kameramu pada drybox atau kotak yang kamu buat sendiri dengan tingkat kelembapan 40-50% untuk mencegah timbulnya jamur pada kamera dan lensa.