Unsur Dasar Mise en Scene

Dalam membuat film diperlukan mise en scene yang sudah kita bahas kemarin.. Nah apa aja sih unsur yang perlu diperhatikan saat membuat mise en scene?

1. Setting dan properti

Setting dan properti merupakan unsur yang paling utama. Setting adalah tempat adegan diambil bisa indoor dan outdoor yang memberikan info tentang lokasi dan waktu. Sedangkan properti adalah semua objek yang ada pada pemain seperti baju, aksesoris, tongkat sihir misalnya.

Source : katefulop.com

2. Make-up dan kostum pemain

Setiap tokoh dalam film biasanya menggunakan pakaian dan make-up yang memiliki ciri khas tertentu untuk memperkuat karakteristik tokoh dalam film. Maka, pemilihan model dan warna pakaian perlu dipertimbangkan baik-baik. Kamu dapat menggunakan psikologi warna untuk membantu dalam pemilihan warna.

Selain mencerminkan karakter, pemilihan make-up dan pakaian dapat memberikan keterangan sebuah zaman, negara, budaya dan status sosial pemain.

Source : vimeo.com

3. Akting pemain

Akting pemain juga sangat berpengaruh. Perlu latihan dan persiapan untuk mendalami karakter yang akan dimainkan. Prosesnya pun tidak instan. Gerak tubuh dan ekspresi harus disesuaikan dengan mood yang diinginkan oleh sutradara.

Source : cssd.ac.uk

4. Blocking pemain

Blocking adalah posisi duduk dan berdiri di atas panggung atau saat di depan kamera. Posisi ini harus terlihat natural meskipun sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa agar terlihat seimbang dengan elemen lainnya. Selain itu, harus memiliki point of interest dan cukup bervariasi. Nah blocking pemain ini biasanya sudah dibuat saat pembuatan storyboard loh, sesuai dengan permintaan sutradara.

Source : filmfracture.com