Tips Wildlife Photography

Jika kamu orang yang suka dengan tantangan dan hobi bertualang, wildlife photography mungkin akan menjadi sesuatu yang kamu sukai. Karena untuk jenis fotografi ini dibutuhkan keberanian yang lebih dan sangat hati-hati. Tetapi kamu juga perlu mengetahui beberapa tips apa aja yang perlu kamu persiapkan sebelumnya..

1. Persiapan fisik

Kamu perlu mempersiapkan kondisi fisikmu karena kamu harus mampu menghadapi medan yang berat dan cuaca yang ekstrem serta tidak terduga pada saat pemotretan.

2. Memiliki insting yang kuat

Kamu perlu untuk memiliki insting yang kuat sehingga dapat melihat momen yang tepat misalnya ketika ada satwa yang sedang mengintai buruannya, atau saat bertarung berebut mangsa. Kamu juga dapat mengabadikan peristiwa sehari-hari yang terjadi atau keadaan alam di sekitarnya dan dapat melihat objek yang menarik.

3. Persiapan peralatan

Kamu perlu untuk memperhatikan persiapan perlatanmu, kamera, lensa, dan tripod terutama. Karena momen terbaik pada fotografi ini sangat cepat hanya sekitar 5 sampai 20 detik. Maka kamu harus selalu siap sedia.

4. Lakukan riset

Disarankan agar kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelumnya pada lokasi sehingga kamu dapat mengetahui medan dan kondisi alam serta karakteristik hewan di tempat tersebut dan kamu dapat mempersiapkan segala sesuatunya termasuk konsep foto yang kamu inginkan.

5. Mencari guide

Kamu bisa meminta bantuan guide yang tepat dan suportif untuk memudahkan kamu saat di lokasi. Sebaiknya kamu persiapkan sebelumnya karena penting untuk mendapatkan guide yang dapat membantu kamu dan mau menjelaskan lebih banyak tempat yang akan kamu tuju. Selain itu, dia juga dapat membantu kamu dalam menentukan lokasi yang tepat untuk memotret.

6. Mempelajari teknik menyamar

Kamu dapat menggunakan teknik menyamar agar dapat mendekat ke hewan yang kamu bidik. Sebaiknya kamu menggunakan baju yang berwarna hijau, coklat atau hitam seperti warna-warna yang terdapat pada alam agar hewan tidak terganggu dengan kehadiranmu. Atau kamu juga bisa merangkak atau mengendap-endap di pepohonan atau semak-semak sehingga tidak terlihat oleh hewan bidikanmu.