Tips Untuk Mendapatkan Foto Keren Dengan Biaya Minimal

Mungkin bagi sebagian orang hobi fotografi adalah hobi yang mahal. Tidak dipungkiri bahwa harga kamera dan perlatannya memang cukup berasa di kantong. Tapi untuk menghasilkan foto yang bagus, tentunya hal itu bukan halangan. Hanya diperlukan keberanian dan kreatifitas seperti berikut ini :

1. Membeli peralatan fotografi bekas

Hal ini memang cukup beresiko. Namun jika budget untuk membeli peralatan baru idaman belum cukup, mungkin membeli peralatan bekas bisa jadi salah satu jalan. Namun disarankan untuk mengajak orang yang berpengalaman dalam bidang fotografi untuk meneliti detail barang yang akan dibeli.

Misalnya pada kamera kamu perlu untuk mengecek jumlah shutter count pada kamera tersebut. Jika akan membeli lensa, kamu dapat mengecek dengan mencobanya pada kameramu, apakah ada cacat, malfunction, atau perbedaan pada hasil foto yang diakibatkan jamur atau kotoran.

2. Kreatif dengan membuat peralatan sendiri

Tidak semua peralatan fotografi harus kamu beli, ada beberapa peralatan yang bis akamu buat sendiri, misalnya diffuser pada lampu flash yang dibuat dari kertas. Selain itu kamu dapat membuat softbox sendiri dari bahan-bahan yang mungkin sudah ada di sekitarmu.

Jangan lupa untuk mengikuti komunitas fotografi karena kamu bisa mendapatkan ide-ide unik dari sana.

3. Menguasai peralatan yang kamu miliki

Hanya punya kamera pemula dan lensa kit, jangan minder Sobat KEE. Kamu dapat mempelajari semua fitur dan kemampuan kameramu sehingga kamu dapat menggunakannya dengan maksimal. Perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap peralatan yang kamu miliki sehingga dapat membantu menghasilkan foto yang bagus. Jangan terburu-buru ganti kamera ikut-ikutan tren, padahal belum menguasai kamera yang sebelumnya.

4. Banyak latihan

Practice makes perfect. Yap! Setuju banget dengan quotes ini. Semakin banyak kita latihan, keahlian dan kepekaan kita akan semakin terasah dan berkembang. Selain itu, kamu dapat mencoba beberapa jenis fotografi dan menemukan jenis mana yang paling kamu sukai.

Selamat belajar dan mencoba!