Tips Untuk Fotografer Pemula (Part 2)

6. Manfaatkan tempat belajar gratis

Kamu bisa sambil belajar dari berbagai macam website yang memberikan informasi, tips dan trik seputar fotografi seperti dari youtube, atau Instagram dan blog keelesson. Jika kamu memiliki budget lebih kamu bisa juga mengikuti workshop tentang fotografi yang biasanya dibawakan oleh fotografer profesional.

7. Terus uji coba pengaturan pada kamera

Untuk mengetahui lebih jelas fungsi tombol pada kamera kamu bisa membaca buku petunjuknya. Coba memotret satu subjek dengan pengaturan yang berbeda-beda sehingga kamu dapat mengetahui perbedaannya dan menggunakan pada subjek lainnya. Jika lupa pengaturannya, kamu bisa mengeceknya di komputer data EXIF setiap foto.

8. Pelajari aturan dasar

Perlu banget buat kamu memahami dulu aturan dasar pada fotografi, misalnya tentang komposisi, atau penggunaan shutter speed pada kamera. Pelajari sebanyak mungkin sehingga kamu dapat memiliki wawasan lebih banyak.

9. Memotret secara rutin

Usahakan untuk memotret secara rutin dan praktekkan apa yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Kamu bisa memberikan tantangan pada diri sendiri setiap minggu, atau dengan mengikuti komunitas fotografi yang mengajak anggotanya untuk mengumpulkan foto dengan tema yang berbeda-beda tiap minggunya. Practice makes perfect right..? ;)

10. Jangan takut bereksperimen

Jika kamu sudah tau pengetahuan dasar tentang fotografi, kamu bisa mencoba bereksperimen berbagai hal yang sebelumnya belum pernah kamu coba. Akan ada kemungkinan kamu mendapatkan foto yang tidak terduga.