Tips Untuk Fotografer Pemula (Part 1)

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk yang baru memulai hobi fotografi biar ga menyesal nantinya.

1. Jangan terburu-buru membeli peralatan mahal

Untuk menghasilkan foto yang bagus tidak harus menggunakan peralatan mahal. Kamu hanya perlu berlatih untuk mendapatkan foto yang bagus. Setelah tau minatmu lebih dalam, sah-sah aja kalau kamu mau membeli peralatan mahal.

2. Pertimbangkan membeli tripod

Membeli tripod patut dipertimbangkan terutama kalau kamu memiliki tangan yang bergetar. Selain itu tripod sangat membantu dalam pemotretan dengan bukaan yang lama.

3. Bawa kameramu kemanapun

Foto yang bagus seringkali datang di saat yang tidak terduga. Kamu bisa membawa kameramu kemana pun kamu pergi, sehingga saat ada momen yang tepat kamu dapat langsung mengabadikannya. Atau mungkin alternatifnya kalau kamu merasa repot membawa kameramu kemana-mana kamu bisa menggunakan hp untuk memotret sebagai note suatu pemandangan dan datang lagi dengan membawa kamera.

4. Jangan mengabaikan subjek yang ‘biasa’

Mungkin kadang kamu tidak melihat sesuatu yang menarik untuk dipotret, tapi kamu bisa coba untuk melihat sekeliling dengan sudut pandang yang lain. Mungkin kamu bisa melihat lebih detail atau dengan sudut pandang dan angle yang berbeda.

5. Nikmati prosesnya

Proses belajar bisa dari berbagai macam sumber manapun dan tidak ada kata cukup dalam belajar. Terus latih kepekaan sehingga kamu dapat melihat dari perspektif yang lain dari kebanyakan orang.