Tips Untuk Foto Rame-Rame

Untuk foto rame-rame tidak harus dilakukan di studio, tapi kamu juga bisa melakukannya di runag terbuka, hanya kamu perlu jeli untuk melihat latar belakang apakah cocok dengan hasil foto yang kamu inginkan. Biasanya dari segi pengaturan cahaya foto di luar ruangan tidak semudah di dalam ruangan.

1. Persiapan perlengkapan

Persiapan perlengkapan yang kamu perlukan sangat penting. Biasanya kamu memerlukan tripod, flash, lensa cadangan dan lokasi pemotretan. Kamu dapat melakukan tes foto terlebih dahulu untuk memastikan apakah settingan kamera, angle, komposisi foto sudah oke.

2. Mengarahkan orang agar menjadi satu frame

Tidak mudah untuk mengatur orang banyak untuk mendengarkan yang kamu instruksikan padahal kamu dituntut untuk dapat menggabungkan orang-orang tersebut agar menjadi satu kesatuan dan berpose. Ada baiknya jika kamu memotret dari tempat yang lebih tinggi dan suaramu harus keras agar terdengar oleh semuanya.

3. Komposisi foto

Kamu dapat menentukan tempat foto terlebih dahulu agar hasilnya bagus dan tidak terlalu ramai. Kamu dapat mengatur berdasarkan tinggi badan, yang lebih tinggi di belakang, atau di bagian paling luar. Jika jumlah orang yang difoto sangat banyak, kamu dapat membuat mereka setengah miring agar semuanya dapat masuk ke dalam foto.

4. Bantuan orang lain

Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain, msisalnya meminta bantuan MC pada acara wedding untuk membantu mengumpulkan orang-orangnya.

5. Pencahayaan

Salah satu yang terpenting adalah pencahayaan. Jika kamu memotret di dalam ruangan, kamu dapat menggunakan flash eksternal dan diarahkan ke langit-langit. Tetapi untuk foto di luar ruangan, kamu perlu mengatur cahaya dengan baik karena jangan sampai sebagian terang dan sebagian gelap.

6. Atur jarak kamera dengan subjek

Kamu dapat mengatur kamera agar lebih dekat dengan subjek. Untuk lensa, kamu dapat menggunakan focal length 30-50 mm agar mengurangi distorsi.