Tips Unik Memotret Dengan Bola Kaca

Kadang kamu mungkin bosen sama foto yang itu-itu aja. Nah kamu bisa mencoba cara yang satu ini Sobat KEE, dengan bola kaca. Bola kaca membuat hasil foto terlihat seperti menggunakan lensa fish eye meskipun kamu memakai lensa tele. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan :

  1. Pilih objek yang biasanya difoto dengan menggunakan lensa wide angle
  2. Memotret dengan posisi matahari di bagian belakang kamu (fotografer).
  3. Pastikan garis yang ada pada bola rapi, tidak miring
  4. Temukan point of interest dari foto dan pastikan fokus kamera pada bola

Beberapa tips yang dapat kamu coba :

1. Gunakan komposisi klasik

Komposisi dimana bola terlihat penuh dan fokus. Bola langsung menjadi perhatian utama karena area dis ekitarnya blur . Kamu dapat menggunakan lensa makro atau tele dengan aperture f/4 untuk mendapatkan efek bokeh tersebut.

Source : https://kelasfotografi.com

2. Mendekat pada bola

Kamu dapat memfokuskan dan menonjolkan objek yang terpantul pada bola. Kamu dapat memotong sebagian besar bola pada fotomu untuk mendapatkan objek yang lebih detail.

 

3. Beri lebih banyak ruang pada bola

Kamu dapat membuat bola menjadi bagian dari komposisi pada fotomu. Objek pada bola akan terlihat terbalik dan akan membentuk komposisi yang seimbang dipadukan dengan komposisi background di bagian belakangnya.

 

4. Memotret dari ketinggian

Kamu dapat mencoba mengambil foto dari ketinggian. Kamu dapat mencari sudut yang bagus untuk memaksimalkan hasil fotomu melalui pantulan bola yang memantulkan puncak dari suatu gedung atau objek. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati.

 

5. Mengambil foto dari bawah

Kamu dapat mengambil foto dari bawah misalnya memotret bangunan dengan posisi kamera dari bawah bola. Selain itu kamu juga dapat menaruh bola di tanah dan mendapatkan efek refleksi genangan air.

 

6. Melibatkan manusia pada foto

Jika kamu mau bereksperimen, kamu dapat memasukkan unsur manusia ke dalam fotomu misalnya ada tangan yang memegang bola kaca yang memantulkan pemandangan di depannya sehingga fotomu tidak terlihat monoton.