Tips Simple Untuk Food Photography

Foto makanan merupakan salah satu jenis foto yang paling banyak digemari. Mau itu fotografi profesional atau untuk sekedar diupload di instagram. Ga perlu pakai perlatan mahal, pakai kamera hp pun jika kamu lihai dalam mengambil komposisi atau menatanya, hasil fotomu akan terlihat wow.

Apa aja sih tipsnya?

1. Gunakan cahaya alami

Cahaya alami dari matahari bisa memberikan warna dan detail yang apik pada fotomu. Kamu bisa mengambil di sebelah jendela yang terdapat banyak cahaya matahari. Disarankan jangan langsung memotret di bawah sinar matahari karena membuat cahaya pada fotomu jadi keras. Jika cahaya yang kamu dapatkan terlalu keras, kamu bisa menggunakan kain putih atau kertas putih untuk menutupi cahaya sehingga cahaya yang terlihat lebih halus.

EOS M5, EF-M 22mm f/2 STM lens, f/4, 22mm, 1/125sec, ISO100
Source : https://snapshot.canon-asia.com/

2. Ambil posisi tinggi

Komposisi salah satu yang terpenting dalam fotografi. Jika makananmu berwarna warni atau jika kamu mau menunjukkan berbagai makanan yang menarik jika terlihat dari atas, kamu dapat mengambil komposisi dari atas untuk menangkap semua detailnya. Kamu dapat memasukkan elemen manusia seperti tangan yang sedang mengambil makanan di dalam frame.

3. Ambil berbagai sudut

Kamu dapat mengeksplor semua sudut subjek fotomu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dari sudut rendah, dari 30 atau 45 derajat, dari atas. Kamu dapat mencoba berbagai macam angle dan sudut sampai kamu mendapatkan foto yang kamu inginkan.

4. Gunakan garis penuntun

Kamu dapat membuat garis penuntun atau leading lines yang dapat mengarahkan mata kita. Garis-garis tersebut dapat berupa bahan makanan yang digunakan atau sendok garpu. Seperti pada gambar di bawah ini, otomatis mata kita akan melihat dari atas mengikuti pisau yang menancap pada buah.

5. Penuhi frame

Memotret makanan tidak melulu harus dari jarak jauh. Kamu dapat mengambil dari jarak sangat dekat untuk memperlihatkan detail pada makananmu, pastinya membuat air liur menetes. Komposisi ini pas untuk kamu yang ingin menarik perhatian dengan bahan-bahan dan tampilan dari makananmu.