Tips Sederhana Street Photography

Pada jenis foto ini, kamu dapat mengabadikan momen yang kamu jumpai di sekitarmu dengan candid. Tidak memerlukan banyak peralatan canggih dan model yang cantik, jenis fotografi ini dapat dilakukan oleh semua orang. Kamu hanya perlu berlatih untuk mendapatkan komposisi dan angle yang bagus sehingga fotomu menjadi lebih menarik. Ada beberapa tips dalam melakukan street photography :

1. Ciptakan momenmu

Jenis foto ini biasanya mengambil gambar yang ada di lingkungan sekitar. Tetapi, kamu juga dapat membuat momenmu sendiri untuk diabadikan, seperti memotret orang di dalam kaca gedung, atau kamu juga dapat memanggil subjekmu sehingga ada pergerakan dan terlihat diambil secara candid.

Source : boredpanda

2. Belajar bersosialisasi

Ketika kamu sedang mengambil foto secara candid, mungkin subjekmu sadar kalau ia sedang difoto. Alih-alih kabur, kamu dapat menyapa dan mengajak bersosialisasi sehingga suasana menjadi lebih hangat. Kamu juga dapat memberikan pujian dan berterima kasih.

3. Pemilihan lensa yang tepat

Untuk fotografi jenis ini tidak ada aturan harus menggunakan lensa khusus. Penggunaan lensa wide angle dapat membantu kamu mendapatkan foto dengan jangkauan yang lebih luas. Pastikan lensamu tidak memberatkan kamu untuk berjalan kesana kemari.

4. Selalu siap sedia

Kadang kala momen bagus terjadi secara mendadak tanpa ada persiapan, maka kamu dapat selalu siap sedia dengan peralatan agar kamu dapat langsung memotret momen tersebut. Kamu tidak perlu membawa peralatan lengkap kemana-mana, kamu dapat menggunakan HP atau kamera saku.

5. Pengaturan kamera

Pengaturan pada kamera dapat membantu kamu dalam membidik momen. Disarankan untuk menggunakan mode shutter priority atau aperture priority. Tidak disarankan untuk menggunakan mode auto karena kadang kala hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.