Tips Plane Photography (Part 1)

Plane photography mungkin ga semua orang pernah atau terbiasa yah.. Tapi pastinya ga kalah menarik Sobat KEE! Bayangin seperti penggabungan antara wild photography dan landscape, pesawat sebagai wildlife nya, dan landscape sebagai latar belakang. Seru yah!

1. Pegang kamera

Pertama kamu perlu belajar dulu cara pegang kamera yang benar, karena pergerakan yang cepat, waktu dan keamanan, kamu perlu menguasai hal ini.

Mulai dengan tekuk tangan kiri dengan telapak menghadap ke atas, taruh lensa di telapak tangan kiri. Sedangkan tangan kanan memegang badan kamera dan jari telunjuk berada pada shutter release. Latih terus sampai kamu merasa nyaman. Kamu bisa coba memotret benda yang tidak bergerak dengan kecepatan 1/30 sampai kamu mendapatkan gambar yang tajam.

Source : DashKitten.com

2. Panning

Panning adalah salah satu trik untuk memotret objek yang bergerak dengan subjek utama terlihat jelas. Kamu bisa menggunakan shutter speed 1/20 sambil ikut bergerak mengikuti kecepatan subjek, perlu diingat yang bergerak adalah badan kita bukan kamera. Dengan banyak latihan pasti bisa mendapatkan hasil yang bagus. Kamu bisa mencoba dengan mengambil foto mobil di jalan atau orang bersepeda.

Source : https://www.bhphotovideo.com/

3. Cahaya

Cahaya adalah salah satu elemen paling penting dalam fotografi. Biasanya dalam dunia plane photography cahaya yang digunakan ada 3, depan, samping, dan belakang. Kamu bisa menggunakan bantuan cahaya untuk bercerita, misalnya dengan menggunakan backlight pada sayap pesawat sehingga terlihat lebih dramatis.

Source : https://www.bhphotovideo.com/

4. Memberikan pergerakan

Kamu bisa membuat variasi pada fotomu dengan memberikan pergerakan pada foto, tidak semuanya hasrus terlihat diam / freeze. Kamu bisa mencoba mengambil dari angle rendah dengan jongkok misalnya sehingga kamu mendapatkan proporsi langit yang lebih besar. Kamu bisa memberikan pergerakan pada bagian langit, misalnya ada burung beterbangan. Gunakan shutter speed kurang dari 1/125 untuk mendapatkan hasil blur yang memberikan sensasi bergerak.

Source : https://www.bhphotovideo.com/

5. Awan

Langit kosong tanpa awan pasti terlihat ada yang kurang. Cari angle yang terdapat awan di dalamnya sehingga fotomu terlihat lebih menarik. Kalau ada banyak awan, kamu bisa mengambil angle lebih lebar meskipun pesawat terlihat lebih kecil. Tetapi kalau awan hanya sedikit, kamu bisa mengambil lebih zoom. Dengan pesawat yang sedang terbang, penting untuk merencanakan pengambilan fotomu karena foto tanpa properti, kamu perlu bantuan awan untuk memberikan pergerakan.

Source : https://www.bhphotovideo.com/