Tips Merekam Video Dengan HP

Membuat video dengan hp bisa banget loh, hasilnya pun kaya profesional. Tapi penting buat kamu untuk tau tipsnya supaya hasil videomu ga amatiran. Yuk kita simak tipsnya..

1. Jangan merekam video dengan posisi vertikal

Kebanyakan kita merekam video dengan posisi vertikal yah karena lebih mudah kalau di upload ke media sosial seperti instagram. Tapi waktu dibuka di device lain misalnya komputer atau tv yang tampilannya landscape jadinya videomu terlihat kecil. Kamu bisa coba merekam dengan posisi horizontal biar aman kalau sewaktu-waktu mau di upload ke youtube. Mungkin alternatifnya sesuaikan dengan kebutuhanmu, kalau vertikal ya rekam vertikal, sedangkan kalau tujuannya mau di upload ke youtube sebaiknya horizontal.

2. Tripod

Kamu bisa menggunakan bantuan tripod sama seperti pada kamera terutama saat menggunakan shutter speed lambat supaya videomu lebih stabil. Anti capek dan anti pegel.

3. Kunci fokus secara manual

Smartphone biasanya bisa mendeteksi fokus dan menyesuaikan eksposure otomatis. Tapi kekurangannya saat ada pergerakan, smartphonemu akan menyesuaikan lagi eksposure dan fokus yang akibatnya hasil videomu bisa jad blur atau terlalu terang. Solusinya kamu bisa mengunci fokus secara manual. Caranya adalah dengan mengetuk layar pada bagian yang diinginkan, ketuk agak lama, akan muncul ikon gembok yang menandakan fokus dan eksposure sudah terkunci.

Source : seekersolution.com

4. Jangan gunakan digital zoom

Jangan pernah coba zoom in kameramu saat merekam video. Hasilnya udah ga perlu ditanya lagi yah, pasti pecah dan pixelated kecuali hp mu punya fitur optical zoom sampai 5x.

Kalau kamu ingin memperbesar objek pada videomu, tidak ada cara lain selain jalan mendekat.

5. Sumber cahaya

Seperti pada fotografi, sumber cahaya adalah salah satu elemen penting. Disarankan tidak menggunakan flash karena cahaya yang dihasilkan kasar, atau kamu bisa menggunakan kain penutup supaya cahayanya lebih halus.

6. Mikrofon eksternal

Biasanya saat kamu merekam video, suara yang masuk adalah suara apa adanya, ada suara-suara background yang ikut masuk dan mengganggu, misalnya suara kendaraan di jalan raya. Kamu bisa menambahkan mikrosfon eksternal yang bisa disambungkan ke smartphone. Mikrofon ini bisa membantu menangkap suara dan hasil outputnya lebih jernih.

Source : smartphonefilmpro.com