Tips Menguasai Flatlay

Flatlay siapa sih yang ga tau? Terlihat gampang ya, tapi untuk menghasilkan foto yang bagus ga semudah kelihatannya. Barang yang kamu gunakan bisa bermacam-macam, mulai dari makanan, make-up, baju, atau peralatan untuk travelling. Nah gimana sih tipsnya?

1. Buat tema yang akan diambil

Sebelum memotret pastinya kamu sudah memiliki tema apa yang ingin kamu buat. Perlu diingat dalam flatlay, tentunya barang yang digunakan harus sesuai dengan tema. Aneh pastinya kalau kamu lagi foto tema makanan tiba-tiba ada sepatu disana.. Jangan lupa karena keasikan memasukkan banyak barang sampai subjek utamamu malah tenggelam.

Photo by : Instagram @imdrewscott

2. Tentukan cahaya

Ga perlu beli lampu, kamu bisa menggunakan cahaya matahari. Jangan lupa juga ambil di waktu terbaik ya. Waktu terbaik matahari biasanya di jam 9 pagi. Kamu dapat menggunakan bantuan reflektor.

3. Komposisi flatlay

Ada berbagai macam komposisi flatlay, kamu bisa mencoba dengan komposisi grid yang ditata sesuai garis lurus. Perlu pertimbangan jarak kanan kirinya dan antar subjeknya.

Photo by : Instagram @alexetiawan_

Selain itu kamu juga bisa mencoba komposisi freestyle, yang memiliki fokus di tengah. Yang terpenting adalah kamu mulai menata dari barang yang terbesar.

Photo by : Instagram @alexetiawan_

4. Editing

Dalam editing kamu bisa menggunakan aplikasi yang kamu sukai, seperti Snapseed, VSCO, dan lainnya. Sebenarnya fitur editing tidak terlalu digunakan karena kunci utama flatlay adalah pada pengaturan benda-benda di dalamnya. Editing yang bisa kamu lakukan seperti menambahkan kontras, mengedit pencahayaan, dan sebagainya.