Tips Menggunakan Green Screen

Kemarin udah sempet kita bahas ya tentang green screen, kenapa pakai warna hijau, dll. Nah hari ini kita bahas tentang tips cara pakai green screen yak!

1. Berikan jarak antara objek dengan kamera

Dalam menggunakan green screen harus banget memperhatikan apa ada kebocoran seperti lampu yang ikut masuk ke dalam frame atau pantulan warna hijau pada subjek yang akan diambil yang akibatnya malah terlihat warna hijau pada subjek.

Source : https://studioantelope.com/

2. Green screen berwarna hijau murni

Ada banyak macam warna hijau, kamu harus memastikan agar warna hijau yang kamu gunakan benar-benar hijau karena bisa berpengaruh terhadap objek yang ada di dekat green screen. Misalnya warna hojau tua, ada kandungan warna coklat dan hijau tua, bisa-bisa kulit subjek yang sedikit lebih gelap bisa terlihat transparan karena warna terlihat mirip.

3. Sesuaikan wardrobe yang dipakai

Hal yang cukup sederhana tapi banyak yang lupa. Sesuaikan wardrobe yang dipakai supaya tidak ada warna hijau yang masuk. Sebaiknya jangan menggunakan warna hijau dan biru.

Source : https://studioantelope.com/

4. Pakai tracking point jika ada pergerakan.

Mengambil video dengan green screen perlu persiapan yang matang, harus ada konsep yang jelas. Kamu bisa menggunakan bantuan tracking point pada kamera kalau kamu mau menambahkan efek tulisan atau gambar pada videomu. Sehingga kamu punya acuan saat melakukan sebuah gerakan, dan hasilnya pas.

Source : https://eps-production.com/

5. Tekstur dan pencahayaan rata

Jika tekstur dan pencahayaanmu rata maka akan memudahkan kamu dalam proses editing terutama jika lebih dari 1 orang.