Tips Mengatur Kamera di Dalam Air

Buat kamu yang mau mencoba foto di bawah air waktu liburan nanti, nah mimin punya tipsnya agar hasil fotomu tetap tajam.

1. Mode pengaturan yang digunakan

Jika kamu memotret dengan cahaya alami dan kamu tidak punya cukup waktu untuk mengatur kameramu, disarankan untuk menggunakan mode pengaturan otomatis. Misalnya saat memotret ikan pari yang sedang melintas. Tetapi jika kamu memiliki cukup waktu misalnya memotret objek yang tidak bergerak, kamu dapat menggunakan mode manual agar dapat menghasilkan hasil foto yang maksimal.

Lensa EOS-1D X, EF16-35mm f/2.8L II USM, f/5.6, 35mm, 1/50detik, ISO1000
Source : https://snapshot.canon-asia.com

2. Pengaturan eksposure

Kamu dapat mengatur banyaknya cahaya yang mau kamu dapatkan. Karena cahaya dapat memberikan perspektif kedalaman pada hasil fotomu. Misalnya untuk foto makro, kedalaman bidang sangat penting. Kamu dapat menggunakan pengaturan f/8 hingga f/22. Sedangkan untuk sudut yang lebih lebar kamu dapat menggunakan f/5 hingga f/22.

Untuk pengaturan shutter speed, disarankan untuk tidak menggunakan shutter speed terlalu lambat. di 1/60 atau 1/80 minimal untuk dapat membidik ikan yang sedang berenang.

Sedangkan untuk pengaturan ISO, saat memotret makro biasanya lebih banyak menggunakan ISO rendah. Sedangkan untuk foto wide, mungkin dapat menggunakan ISO yang lebih tinggi agar dapat menyeimbangkan cahaya yang masuk dari lampu tambahan.

3. Penggunaan zoom / makro

Jika kamu mau mendapatkan fokus yang lebih dekat yang memperbesar objek, maka kamu dapat menggunakan fitur makro. Tetapi jika objeknya lebih besar kamu dapat menggunakan lensa zoom. Untuk objek makro yang terlalu kecil, kamu dapat memasang lensa close-up khusus di luar kamera saat memperbesar untuk menghilangkan efek vignette.

PowerShot G7 X Mark II, f/10.0, 36.8mm, 1/200detik, ISO125

4. Tone foto agar tidak terlalu biru

Kamu dapat menggunakan filter warna merah untuk menyeimbangkan warna. Selain itu, kamu dapat menggunakan blitz pada kamera atau lampu tambahan lainnya untuk mendapatkan warna yang seimbang.

5. Keselamatan

Jangan lupakan keselamatan pribadi. Selalu perhatikan sisa udara dan no-Decompression Limit (NDL) , jangka waktu penyelam pada kedalaman tertentu. Jangan sampai keasyikan memotret tapi lupa dengan keselamatan.