Komposisi adalah salah satu komponen penting dalam fotografi. Gimana sih cara ningkatin skill komposisi? Yuk kita bahas yah..

1. Gunakan 1 lensa secara berkesinambungan

Untuk mengasah komposisi kamu bisa menggunakan 1 lensa dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga kamu terbiasa dan bisa memahami cara kerja lensa tersebut dan mendapatkan hasil yang oke. Selain itu, kalau kamu sudah terbiasa, kamu bisa lebih peka dengan panjang focal yang kamu gunakan.

2. Foto hitam putih

Salah satu caranya dengan membuat foto hitam putih. Foto hitam putih bisa mempertajam bentuk, garis, dan pola sehingga kamu akan secara tidak langsung dipaksa untuk menyusun foto dengan lebih hati-hati sehingga terlihat menarik.

Source : https://www.diykamera.com/

3. Menggunakan pola / pattern

Pola / pattern sangat diperlukan dalam mengasah komposisi fotogarfi. Pola bisa berupa bentuk, garis, warna, benda atau objek dengan pengulangan. Dibutuhkan feeling yang tepat untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Source : https://www.diykamera.com/

4. Mencari garis dan subjek foto ruang negatif

Pengambilan objek pada bidang negatif juga dapat memperkuat subjek utama. Selain itu, dengan ruang negatif, otomatis fokus ada pada subjek utama tersebut. Kamu akan terpacu bagaimana caranya agar mendapatkan komposisi yang menonjol dan menarik.