Tips Memotret Water Drop

Malam minggu… Ujan… Sendiri pulak… Ups… Jangan sedih ya Sobat KEE! Pas banget nih! Mimin mau kasi tips buat motret water drop ala ala fotografer terkenal…

Peralatan yang perlu kamu siapin adalah tripod, remote shutter (kalau ada), wadah air, flash extrenal (optional), pipet.

Nah sekarang bagian setting pada kamera. yang pertama, kamu harus pastikan kalau shutter speed yang kamu gunakan di atas 1/125, misalnya 1/800. Shutter speed yang cepat sangat diperlukan karena kamu mau membekukan pergerakan jatuhnya air yang bergerak dengan kecepatan cukup tinggi. Jika memungkinkan cari ruangan yang cukup terang sehingga kamu tidak kesulitan untuk menggunakan shutter speed cepat, karena cahaya yang masuk ke dalam kamera sedikit sehingga fotomu menjadi gelap. Kamu dapat mengatur bukaan pada f/5.6 atau f/8. Jika masih kurang terang, kamu dapat menaikkan ISO atau menggunakan flash external.

Kemudian kamu dapat memasang tripod dan kamera di depan wadah air dan persiapkan pipet untuk menjatuhkan air. Gunakan background sekitar 30 cm dari posisi jatuhnya air. Jika kamu kesulitan menemukan pipet, kamu dapat menggunakan peralatan lain yang dapat membantu kamu untuk menjatuhkan air.

Disarankan untuk menggunakan manual fokus karena kamu bisa mendapatkan titik fokus yang lebih baik daripada menggunakan auto fokus. Selain itu kamu juga dapat menggunakan fitur burst sehingga dapat memotret beberapa foto sekaligus dalam sekali jepretan. Nah nanti kamu tinggal memilih foto mana yang memiliki hasil paling bagus. Diperlukan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan, serta diperlukan latihan terus menerus.

Nah sekian tips dari mimin, besok kebetulan hari minggu, bisa cusss praktek ya.. Selamat mencoba!