Tips Memotret Interior

Mungkin buat kamu memotret ruangan terlihat mudah, tapi jangan salah, memotret ruangan nyatanya tidak semudah hanya memencet shutter. Apa aja sih tipsnya untuk memotret interior?

1. Membuat konsep

Kamu perlu untuk memahami ruangan yang akan kamu potret, bagian mana aja yang mau ditonjolkan. Lebih baik jangan memaksakan untuk memasukkan semua sudut / furniture dalam satu frame.

2. Pencahayaan

Pencahayaan yang bagus merupakan salah satu kunci utama dalam pemotretan interior. Tetap saja cahaya alami merupakan sumber cahaya yang terbaik. Waktu terbaik untuk memotret adalah ketika cahaya berada tidak lebih dari 45 derajat dari tanah yaitu pada jam 6-9 pagi atau jam 15-18 sore karena cahaya yang dihasilkan lembut dan tidak terlalu keras.

Kamu dapat membuka semua jendela ruangan dan menghidupkan semua lampu. Setelah itu kamu dapat melihat apakah masih ada sudut gelap yang terlalu kontras.

Karya : Todd Beltz
EOS 5D Mark III, TS-E24mm f/3.5L II lens, f/11, 1/5sec, 24mm, ISO 1600

3. Peralatan

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus diperlukan peralatan yang mendukung juga. Disarankan untuk menggunakan tripod yang kuat namun juga ringan untuk memudahkan diabwa-bawa. Pilih tripod yang memiliki fleksibilitas tinggi.

Untuk lensa, kamu dapat menggunakan lensa wide. Biasanya focal length yang digunakan pada 28-32mm agar tidak terjadi distorsi.

4. Atmosfer ruangan

Kamu perlu memperhatikan detail pada ruangan yang akan kamu foto. Karena sebagus apapun design pada interiornya, kamu tidak dapat melupakan sentuhan kecil pada perabotnya yang dapat memberikan karakter pada ruangan seperti keranjang buah di meja.

5. Paparan

Pada fotografi interior perlu mengabadikan detail kilau pada sofa kulit atau tekstur pada furniture yang memberikan suasana pada ruangan tersebut. Kamu dapat menggunakan diafragma pada angka besar seperti f/22, ISO rendah dan shutter speed agak lama agar semuanya dapat terlihat tajam pada gambar.

Karya : Todd Beltz
EOS 5D Mark III, TS-E24mm f/3.5L II lens, f/11, 1/40sec, 24mm, ISO 400
6. Sudut

Coba bereksperimen dengan mencoba berbagai macam perspektif sehingga kamu dapat membuat foto yang menarik. Jika kamu berada pada ruangan yang kecil kamu dapat memotret dari sudut sehingga memberikan ilusi lebih besar pada ruangan tersebut.