Tips Memotret Dengan Kamera Polaroid Instax

Buat kamu yang hobi foto pake polaroid instax udah pada tau ga sih cara pakenya gimana? Pernah ga kog hasil fotonya gelap banget atau terang banget sampek ga kelihatan apa-apa..? Ternyata ada cara anti gagalnya loh Sobat KEE! Disimak yuk!

Kamera polaroid memiliki ISO dan shutter speed yang sudah ditentukan, jadi kamu tidak bisa mengatur. Nah jadi kuncinya ada pada icon yang ada di dekat lensa kamera yang menandakan kameramu mendeteksi jenis cahaya yang mana. Fungsi dari icon ini sama dengan aperture pada lensa DSLR, untuk mendeteksi seberapa besar bukaan lensa. Misal kameramu memilih icon cloud atau house untuk kondisi cahaya yang kurang supaya hasil fotomu lebih terang dan tidak terlalu gelap. Sebaliknya kalau kameramu memilih icon sun atau bright sun, maka kameramu mendeteksi cahaya yang sangat cerah. Satu lagi yang perlu kamu ingat, jangan lupa untuk mengubah tombol dial sesuai dengan icon yang menyala.

Source : https://anggiemaya.net

Tapi kamu juga bisa bermain-main dengan icon tersebut Sobat KEE. Misal kamu kurang puas dengan hasil fotomu yang menurutmu terlalu gelap, kamu dapat memilih icon yang lebih gelap pada tombol dial dari yang disarankan kamera sehingga hasil fotomu lebih terang. Coba lihat contohnya di bawah ini :

Source : https://www.heidiswapp.com

Ada juga icon hi-key yang fungsinya memberikan eksposure lebih pada foto. Misalnya kamu mau memotret di dalam ruangan, kamu memilih icon house, tapi hasilnya masih gelap. Kamu bisa menggunakan icon hi-key ini untuk hasil yang lebih terang.

Mudah kan ya…? Nah mimin ada beberapa tips yang perlu kamu ingat :

  1. Jangan pernah gunakan flash karena hasilnya aneh
  2. Focal kamera berada sekitar 0.6-2.4 m. kalau kamu memotret lebih dekat atau lebih jauh dari ajrak itu, kemungkinan hasil fotomu akan blur.
  3. Pemotretan di luar ruangan hasilnya lebih bagus daripada di dalam ruangan.
  4. Gunakan icon hi-key untuk pemotretan di dalam ruangan tetapi ketika di luar ruangan jangan gunakan hi-key.
  5. Kalau kamu bingung harus memilih icon yang mana, kamu bisa mengikuti icon yang disarankan oleh kamera.