Tips Memotret Candid (Part 1)

Foto candid pasti memiliki kesan tersendiri dibandingkan dengan fotografi formal. Tidak banyak pada suatu acara biasanya terdapat 2 fotografer, 1 untuk memotret formal, 1 lagi untuk menangkan momen-momen candid. Gimana sih tapi tipsnya supaya foto yang diambil berasa seperti candid? Yuk kita bahas..

1. Bawa kamera kemanapun

Salah satu cara adalah dengan siap sedia peralatan seperti kamera kemanapun kamu pergi sehingga ketika ada momen-momen yang bagus, kamu dapat langsung mengeluarkan kamera dan memotret. Selain itu, jika kamu pergi dengan teman atau orang lain, mereka akan terbiasa dengan kamu membawa kamera sehingga mereka bisa lebih santai dan tidak tegang saat kamu mengambil foto.

2. Gunakan zoom

Ketika kamu memotret, akan lebih baik jika kamu berada pada jarak yang cukup jauh sehingga subjek yang kamu potret tidak menyadari ketika sedang difoto sehingga mereka dapat tetap santai dan natural.

3. Matikan flash

Cahaya flash dapat memberikan sinyal kalau kamu sedang memotret dan akan membuat subjek menjadi kaku dan tau kalau sedang difoto. Kamu dapat mengakalinya dengan menaikkan ISO dan gunakan aperture selebar mungkin.

4. Perbanyak foto

Gunakan continuous shot untuk mendapatkan beberapa foto sekaligus. Kadang, kamu bisa mendapatkan foto yang bagus di antara banyak foto tersebut dan terlihat spontan tanpa dibuat-buat.

5. Posisi strategis

Untuk mendapatkan foto candid yang bagus pastinya kamu harus berada pada posisi yang bagus juga. Coba latih dirimu untuk berpikir selangkah di depan, misalnya pada foto wedding kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya, atau tempat mana yang paling pas untuk mengambil momen-momen yang bagus. Dengan bertanya lebih banyak akan membuat kamu menjadi lebih jeli dan menjelajah ruangan dengan detail.