Tips Memotret Bulan

Untuk memotret bulan tidak sesusah yang kamu bayangin kog Sobat KEE.. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan :

1. Tahu tahapan bulan

Bulan selalu bergerak memutari Bumi, maka ada beberapa macam fase bulan dan akan memberikan hasil yang berbeda pula ketika difoto. Misalnya untuk bulan purnama adalah fase bulan paling terang tapi cahayanya datar. Gibbous moon dapat menghasilkan bayangan di bulan dan masih cukup terang. Sedangkan untuk bulan sabit adalah fase tergelap dan memiliki bentuk paling kecil.

2. Waktu yang tepat

Waktu yang disarankan untuk memotret bulan adalah saat bulan dekat dengan cakrawala yaitu sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Saat ada mulai ada cahaya di langit dan memberikan warna yang menarik di langit dan awan. Kamu dapat datang ke tempat lebih awal agar dapat mempersiapkan peralatan dan bisa mendapatkan beberapa pilihan foto.

Kamu juga dapat memotret pada malam hari untuk mendapatkan keindahan dari bulan. Gunakan kalkulator moonrise dan moonset untuk mengetahui kapan fase bulan yang tepat sesuai yang kamu inginkan. Kamu bisa cek disini : https://www.timeanddate.com/moon/phases/

3. Komposisi Foto

Untuk memperlihatkan keindahan bulan, kamu dapat mengatur komposisi misalnya dengan mengambil objek bulan saja. Untuk mendapatkan detail tersebut, kamu dapat menggunakan lensa tele dengan minimal focal length 300mm - 800mm. Selain itu, kamu dapat mengakalinya menggunakan teleconverters. Misalnya kamu memiliki lensa 200mm, dengan teleconverters 2 kali kamu bisa mendapatkan focal length 800mm. Tetapi perlu diketahui penggunaan converters dapat mengurangi kualitas gambar.

Ada alternatif lain untuk kamu yang tidak memiliki lensa tele, kamu dapat memotret bulan dengan memainkan komposisi. Kamu dapat memberikan objek pada bagian depan sehingga menambah foto semakin menarik. Misalnya menggunakan tanaman pada bagian depan. Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan lensa apapun, bahkan lensa wide sekalipun. Tetapi kekurangan dari cara ini adalah susah untuk mendapatkan eksposure yang tepat. Kamu dapat menggunakan filter ND dan melakukan 2 kali pemotretan, satu dengan background gelap satu lagi detail foto bulan dan digabungkan dengan Photoshop.

Photo by : Wendell

4. Mengurangi getaran pada kamera

Kamu perlu untuk menjaga kameramu agar tidak goyang sehingga hasil gambarmu tidak blur. Kamu bisa menggunakan tripod, shutter release untuk memencet tombol shutter dari jarak jauh, dan menggunakan mirror lock up untuk membuka cermin terlebih dahulu sebelum shutter ditekan sehingga foto tidak terpengaruh dengan proses bukaan kamera.

5. Pengaturan kamera

Dengan kondisi pemotretan yang berubah-ubah, tidak ada aturan yang pasti untuk pengaturannya. Kamu dapat menggunakan pengaturan manual dengan menggunakan bukaan f/11, ISO 100, dan shutter speed 1/250 detik, jangan lupa gunakan auto focus. Coba ambil beberapa foto dan sesuaikan pengaturan dengan kondisi pemotretanmu.

6. Diedit dengan photoshop

Kamu dapat menggabungkan 2 gambar atau lebih dengan menggunakan Photoshop untuk menghasilkan foto yang menakjubkan.

 

Photo by : James Jordan