Tips Memotret Birunya Langit

 Untuk bisa memotret warna langit yang biru dengan apik ternyata membutuhkan teknik khusus. Apa aja sih?

1. Pemilihan Waktu

Warna langit bergantung pada matahari, bisa juga kadang tertutup awan sehingga langit berwarna keabuan. Sangat penting untuk mengetahui kapan langit berwarna sangat biru sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan foto langit biru. Waktu yang terbaik adalah pada saat jam 9 pagi sampai 1 siang dan pada jam 2 sore sampai 4 sore. Tentunya tidak waktu pagi matahari terbit ataupun sore saat matahari terbenam.

2. Posisi Pemotretan 

Posisi pemotretan kamu sangat berpengaruh dengan hasil foto kamu loh! Kamu harus menghindari posisi yang berhadapan langsung dengan matahari. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya backlight. Sebaiknya kamu ambil posisi yang bertolak belakang dengan matahari, yaitu di belakang matahari.

3. Settingan Pada Kamera

Kamu dapat menggunakan shutter speed cepat minimal pada angka 1/800 atau 1/1000. Untuk aperture dapat menggunakan angka besar, minimal f/8 untuk mencegah vignette pada foto. Untuk ISO kamu dapat mengatur terakhir setelah shutter speed dan aperture. ISO menyesuaikan dengan hasil kedua pengaturan sebelumnya. Jika hasil foto agak gelap kamu dapat menaikkan ISO, jika terlalu terang kamu dapat menurunkan ISO. 

Jika kamu menggunakan shutter speed kecil (di bawah 1/800), kamu tidak bisa mendapatkan warna biru langit karena cahaya masih terlalu terang.