Tips Memotret Anak

Banyak kenangan yang ingin kita abadikan dengan foto yang mungkin tidak dapat terulang lagi. Salah satunya adalah perkembangan anak yang pastinya ingin kita abadikan agar dapat mengingat momen-momen tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena memotret anak cukup sulit karena anak-anak kadang sulit diatur sehingga kita harus mengetahui selanya. Ada beberapa tips untuk memotret anak-anak:

1. Lakukan pendekatan dengan anak-anak

Anak kecil biasanya asing dengan orang yang baru dikenal, maka kita perlu melakukan pengenalan dan pendekatan dengan anak tersebut, apa kesukaannya, atau apa yang tidak disukai sehingga dapat membantu kita dalam mengarahkan.

2. Foto saat mood sedang baik

Anak yang sedang ngantuk atau moodnya kurang bagus seringkali jadi sensitif. Kita harus tau waktu-waktu mereka tidur, dan kita dapat memotret ketika mereka bangun tidur atau sedang dalam mood yang baik sehingga mereka tidak rewel. 

3. Sabar dan berusaha mencairkan suasana

Diperlukan kesabaran ekstra dalam memotret anak kecil, terutama ketika mereka sedang rewel. Kamu dapat berusaha mencairkan suasana dengan menggoda dan tertawa sehingga mereka menunjukkan ekspresi bahagia.

4. Hindari memotret di ruangan yang panas dan langsung terkena matahari

Anak-anak sensitif dengan panas, maka akan lebih baik untuk memotret mereka di ruangan yang sejuk sehingga mereka dapat lebih enjoy.

5. Meminta bantuan orang terdekat anak

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang tua atau keluarga dari anak saat pemotretan. Karena dengan adanya orang terdekat membuat mereka merasa nyaman dan aman.

6. Perhatikan komposisi dan eye-level

Salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan adalah eye level karena anak-anak biasanya posisinya lebih rendah, maka kamu perlu mengatur ketinggian ketika memotret, bisa dengan duduk, atau berbaring agar posisinya sejajar.