Tips Membuat Komposisi di Dalam Air

Saat memotret di air bisa menggunakan komposisi yang banyak digunakan di darat. Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan :

1. Mengisi frame

Kamu juga bisa mendapatkan foto bagus dengan latar belakang yang kurang menarik, yaitu dengan mendekatkan kamera ke subjek. Dengan mendekatkan kamera ke subjek, membuat latar belakang menjadi kabur.

EOS 80D, lensa USM III EF16-35 mm f/2.8L, f/11, 28 mm, 1/320dtk, ISO400
Source : https://snapshot.canon-asia.com/

2. Memotret seluruh tubuh hewan

Pastikan kalau semua tubuh hewan yang akan kamu ambil masuk di dalam frame, jangan sampai ada bagian penting yang malah tidak masuk ke dalam frame.

3. Rule of thirds

Komposisi yang mudah dilakukan adalah dengan aturan sepertiga atau yang dikenal dengan rule of thirds. Letakkan subjek utama di bagian titik perpotongan garis.

4. Garis, pola, dan frame

Kamu bisa mengamati garis, pola, dan frame yang ada pada alam dan membantu mengarahkan perhatian penonton pada subjek utama.

5. Arah pemotretan

Biasanya pada pemotretan hewan liar seperti burung menggunakan sudut sejajar dengan mata. Sedangkan pada fotografi bawah laut kebanyakan orang suka memotret dari bawah subjek mengarah ke atas karena akan mendapatkan latar belakang yang lebih bersih daripada dasar laut yang terdapat banyak subjek lain di dalamnya.