Tips Membuat Efek Splash Pada Minuman

Setelah kemarin belajar tentang memotret water drop, hari ini kita mau belajar lagi, masih seputar tentang air… Yap! Tips untuk membuat efek splash pada minuman. Beberapa tips dari fotografer Dustin Dolby :

1. Siapkan peralatannya

Peralatan yang digunakan cukup sederhana. Kamu perlu menyiapkan gelas kosong dan tatakan gelas, 2 buah diffuser pada bagian belakang gelas, serta external flash di belakang diffuser. Kamu dapat menambahkan external flash pada bagian kanan atau kiri gelas, serta pada kameramu.

Photo by : Dustin Dolby from Workphlo

2. Kamu dapat mencoba memotret gelas dalam keadaan kosong, setelah mendapatkan settingan yang kira2 oke baru isi gelas dengan air. Settingan pada teknik ini mirip dengan teknik water drop kemarin, gunakan shutter speed cepat di atas 1/125. Coba lemparkan es batu ke dalam gelas dan bidik. Coba beberapa kali dan ubah-ubah settingan hingga mendapatkan eksposure yang berbeda-beda. Untuk tipsnya kamu dapat mencoba settingan shutter speed 1/250, aperture f/11 dan ISO 1600. Tetapi settingan ini tidak baku dan kamu dapat menyesuaikannya dengan kondisi dan hasil yang kamu inginkan.

3. Selain pengaturan eksposure, kamu juga dapat menggunakan papan hitam pada bagian belakang sehingga pinggiran mulut gelas dapat terlihat dengan jelas. Jika bayangan tanganmu masuk ke dalam farme, kamu dapat mengubah cara melempar es batu ke dalam gelas.

4. Setelah mendapatkan hasil yang diinginkan kamu dapat mengeditnya sehingga lebih menawan dan dramatis. Dengan peralatan dan teknik yang cukup sederhana kamu dapat menghasilkan foto yang terlihat profesional dan berkelas.

Silahkan mencoba Sobat KEE!