Tips Memastikan Garis Horizon Lurus Pada Foto

Garis horizon biasanya menjadi garis pembatas antara langit dan bumi. Biasanya garis ini bisa terlihat jelas saat memotret di pantai atau laut. Kamu bisa menentukan porsi mana yang lebih besar, yang penting adalah garis tersebut lurus pada foto. Beberapa tips untuk membantu kamu :

1. Gunakan garis bantu pada layar (grid)

Biasanya pada kamera dan smartphone sudah dilengkapi dengan pilihan tampilan grid view. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melihat apakah garis horizon sudah lurus.

Source : www.helopedia.com

2. Gunakan tripod dengan bubble level

Alternatif lainnya kamu bisa menggunakan tripod yang dilengkapi dengan bubble level yang fungsinya seperti water pass yang biasanya dipakai oleh tukang bangunan. Kamu bisa melihat apakah posisi kamera dan tripodmu sudah benar-benar lurus. Biasanya ketika kamera dan tripod lurus, garis horizon juga akan lurus.

Source : http://www.saveseva.com/

3. Sesuaikan tepi bawah / atas viewfinder

Kadang kala tidak setiap pemotretan bisa menggunakan tripod. Kamu bisa menggunakan bantuan garis atas dan garis bawah viewfinder kameramu, khususnya jika kamu lebih senang memotret dengan viewfinder.

4. Ambil patokan garis bangunan di sekitarmu

Ketika membangun rumah biasanya menggunakan water pass agar bangunan tersebut lurus. Sewaktu memotret kamu juga bisa memanfaatkan hal tersebut. Coba perhatikan dan sesuaikan dengan garis horizontal pada bangunan agar garis horizonmu tetap lurus. Jangan lupa juga perhatikan posisi tempatmu berdiri.

Source : http://www.saveseva.com/

5. Edit dengan software

Semua langkah di atas sudah kamu lakukan tapi ternyata masih kurang lurus. Kamu bisa mengedit dengan software misalnya pada Adobe Lightroom kamu bisa menggunakan fitur lens correction yang dirancang untuk mengatasi kelemahalan lensa seperti distorsi. Tapi kamu juga bisa menggunakannya untuk mengoreksi garis horizon yang tidak lurus.

Source : http://www.saveseva.com/

Selain itu, kamu juga bisa mengguankan fitur rotate pada beberapa software lainnya untuk membantu garis horizonmu terlihat lurus.