Tips Fotografi Potrait

Fotografi potrait cukup menantang ya, apalagi kamu harus menciptakan mood agar kamu dan model terkoneksi dengan baik. Yuk simak tips-tipsnya gimana..

1. Sejajar dengan sudut pandang model

Potret sejajar dengan model, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kamu bisa lihat perbandingannya pada foto di bawah ini, foto sejajar dengan model vs memotret dari atas model.

Source : https://infotografi.com

2. Leher model terlihat

Pastikan leher model terlihat dan jangan tertutup rambut agar modelmu terlihat memiliki leher. Terutama jika kamu memotret aksesoris di leher, kamu perlu memastikan juga aksesorisnya menonjol. Jangan lupa untuk minta ijin pada model ketika kamu mau menyentuh model.

3. Buat model lebih santai pada mulut dan bahu

Untuk model pemula biasanya masih kaku pada bagian bahu atau mulut. Kamu dapat mengarahkan mereka untuk lebih santai dan rileks. Atau kamu dapat mengangkat mood mereka dengan memberikan semangat dan bercanda sebelumnya sehingga suasananya  tidak terlalu kaku dan model lebih rileks. Mana menurutmu yang lebih rileks dari kedua foto di bawah?

4. Taruh sesuatu di depan lensa

Mau hasil foto yang ga biasa-biasa aja? kamu bisa bereksperimen dengan menaruh sesuatu di depan lensa, seperti lampu, daun, prisma, plastik sekalipun dapat memberikan efek yang menarik pada fotomu.

Source : Brandon Woelfel

5. Perhatikan tangan model

Untuk bagian tangan lebih baik telapak tangan model jangan menghadap ke kamera, lebih baik punggung tangan yang terlihat karena akan terlihat lebih rileks. Seperti pada foto di bawah ini, foto di sebelah kiri terlihat lebih santai.

6. Berputar untuk mencari angle yang pas

Jika kamu bosan dengan angle yang itu-itu saja, kamu dapat bergerak memutari model sampai 360 derajat. Kamu dapat menemukan angle yang pas dan tidak terduga.