Tips Fotografi Makanan

1. Siapkan dan gunakan peralatan
Peralatan adalah elemen penting sebelum melakukan food photography. Beberapa peralatan yang harus disiapkan diantaranya kamera DSLR atau mirrorless, lensa, tripod, lighting, table top dan softbox.

2. Lighting
Selain menggunakan cahaya alami seperti sinar matahari, kita juga perlu menyiapkan cahaya buatan. Cahaya buatan tersebut bisa berasal dari lampu studio dan flash dari smartphone atau kamera. Umumnya, pemotretan makanan dilakukan di dalam ruangan dimana ruangan tersebut tidak selalu memiliki cukup cahaya.

3. Angle / Sudut
Komponen lain yang tidak bisa dipisahkan dalam food photography adalah teknik pengambilan sudut. Gambar terbaik akan dihasikan dengan pengambilan sudut yang tepat. Untuk pemula, terdapat teknik mengambilan sudut "triangle" yang dipraktikan untuk menghasilkan food photography yang bagus.

4. Work on Texture
Tekstur dalam makanan adalah salah satu elemen dalam tampilan sebuah hidangan karena tidak hanya dapat menjadi titik fokus namun juga dapat menjadi daya tarik visual tersendiri untuk makanan yang akan diambil gambarnya.

Source: https://www.callmecupcake.se/