Tips Fotografi Arsitektur

Pengetahuan tentang komposisi udah, contekan buat foto udah juga.. nah sekarang mimin mau bagi tips-tipsnya buat kamu yang doyan fotografi arsitektur.. Gimana sih caranya supaya dapet foto yang bagus selain memperhatikan komposisi?

1. Lakukan penelitian

Sebelum memotret kamu dapat mencari tau tentang sejarah bangunan tersebut, atau mengapa bangunan tersebut didirikan. Dengan mengetahui lebih dalam, kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk fotomu yang membantumu fokus pada cerita yang ingin kamu sampaikan pada foto.

EOS M50, lensa EF-M 15-45 mm f/3.5-6.3 IS STM, f/10, 1/400 detik, ISO 100, 23 mm
Source : https://snapshot.canon-asia.com

2. Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan yang tepat dapat memberikan penekanan pada ruang, struktur atau memberikan kesan tertentu. Selain itu dapat membentuk pemahaman seseorang yang melihat apa esensi dari bangunan tersebut. Jika cuaca kurang mendukung saat pemotretan, kamu dapat menggunakan bantuan tripod.

3. Bereksperimen dengan berbagai sudut pandang

Cobalah berkesperimen dengan berbagai macam sudut pengambilan foto. Dengan bereksplorasi kamu dapat menangkap keindahan lain pada gedung yang mungkin tidak banyak orang yang dapat melihatnya. Kamu dapat mencoba memotret sedekat mungkin dengan gedung dan potret lurus ke atas. Atau kamu dapat menangkap detail-detail bangunan yang tidak terlihat ketika kamu memotret pada satu bingkai keseluruhan.

EOS M50, lensa EF-M15-45 mm f/3.5-6.3 IS STM, f/5, 1/400 detik, ISO 125, 15 mm

4. Tambahkan elemen manusia

Dengan menambahkan elemen manusia pada foto, kamu dapat membuat foto lebih menarik. Pastikan posisi orang tersebut dapat memperlengkap komposisi fotomu.

EOS M50, lensa EF-M15-45 mm f/3.5-6.3 IS STM, f/6.3, 1/400 detik, ISO 100, 30 mm