Tips Foto Saat Travelling

Biasanya saat foto travelling kamu cenderung memotret yang banyak kamu lihat, angle yang biasanya banyak diambil oleh kebanyakan orang. Alhasil fotomu jadi kurang bermakna. Kamu bisa mencoba berpikir out of the box untuk membuat foto liburanmu memiliki kesan dan kenangan tersendiri. Beberapa tips yang bisa kamu coba :

1. Sertakan detail khas dari tempat liburanmu

Kamu bisa mengambil gambar rambu petunjuk, nama buah-buahan serta sayuran yang tertulis dalam bahasa lokal, kotak koran atau petunjuk arah yang dapat membuat fotomu lebih hidup.

2. Ambil foto penduduk lokal

Ambil foto penduduk lokal yang sedang beraktifitas seperti orang yang sedang menikmati kopi, membeli bunga di pasar, atau jalan-jalan sore. Kamu dapat menunggu untuk angle yang pas sembari menikmati aktifitas yang terjadi di sekelilingmu. Akan ada banyak cerita di dalam fotomu.

3. Buat foto cerita berseri

Kamu dapat mengambil beberapa frame untuk memberikan cerita berseri pada fotomu. Misalnya pertama kamu mengambil foto pasar, mengambil foto toko barang antik, kemudian mengambil foto close up barang yang dijual, orang yang sedang bertransaksi, anak-anak yang sedang bermain. Foto-foto tersebut akan memberikan kenangan dan menarik untuk dipajang di rumah.

4. Hindari foto keluarga yang membosankan

Biasanya kamu akan mengambil foto keluarga di depan ikon tempat liburanmu. Kamu bisa mencoba sesuatu yang berbeda dengan mengambil foto kakak yang sedang makan di pinggir jalan atau adik yang sedang berinteraksi dengan penduduk lokal.

5. Jangan mengambil gambar ikon yang biasa

Ketika kamu mengunjungi tempat terkenal coba mengambil foto dengan perspektif dan angle yang berbeda.Misalnya ketika kamu mengunjungi menara Eiffle, kamu bisa mencoba mengambil struktur menara secara close-up, atau kamu bisa membuat cerita dan bereksperimen dengan fotomu.

6. Latih kemampuan food photography mu

Ketika makan makanan lokal kamu dapat memesan meja di dekat jendela dan foto makanan-makanan lokal. Jangan lupa menikmatinya setelahnya ya..

7. Pilih tema fotomu

Kamu bisa memilih tema setiap harinya. Misalnya hari ini kamu mau memotret arsitektur, besok street photography, boleh-boleh aja. Pilih tema yang kamu sukai dan kamu bisa menikmati sehingga tidak terlalu memaksakan dan liburanmu menjadi lebih enjoyable.

8. Gunakan peralatan yang sederhana

Pasti kamu ingin menikmati liburanmu tanpa harus membawa beban yang berat seperti beberapa lensa dan kamera. Disarankan untuk membawa satu kamera dan lensa yang dapat mencakup kebutuhanmu. Selain itu jika harus mengganti lensa cukup ribet dan menambah resiko debu masuk ke dalam sensor.