Tips Foto Potrait Pada Sore Hari

Biasanya untuk foto potrait bagus untuk diambil pada pagi hari sebelum matahari terlalu terang dan pada sore hari sebelum matahari terbenam. Pada siang hari ketika matahari sangat terik biasanya cahaya pada foto menjadi tajam dan menghasilkan bayangan yang tajam juga.

Foto di sore hari banyak disukai oleh para fotografer, tetapi kadang kala hasilnya tidak sesuai yang diinginkan, foto gelap atau objek yang gelap. Beberapa tips dari mimin untuk foto potrait pada sore hari :

1. Jika subjek menghadap matahari

Bila kamu memotret pada jam 4, setengah 5 sore biasanya matahari masih cerah dan subjek masih dapat terlihat dengan baik, serta warna-warna yang ada terlihat jelas. Tetapi biasanya subjek silau dengan cahaya matahari dan menyipit. Kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan kacamata hitam atau mengarahkan agar subjek menoleh ke samping sehingga tidak langsung bertatapan dengan matahari.

2. Jika subjek membelakangi matahari

Kamu dapat mencoba untuk lebih artistik dengan meminta subjek berdiri membelakangi matahari, namun hal ini membuat subjek menjadi backlight dan terlihats eperti siluet. Tetapi kamu dapat berkreasi sehingga dapat menghasilkan foto yang menarik.

Jika kamu tidak mau hasil fotomu menjadi siluet, kamu dapat menggunakan flash eksternal untuk menerangi bagian depan subjek.

3. Jika langit semakin gelap dan matahari mulai tenggelam

Sekitar pukul 5.30 sore biasanya langit semakin gelap. Kamu dapat menggunakan cahaya alami tanpa bantuan flash external. Tetapi kamu dapat menaikkan ISO sehingga shutter speed tidak terlalu lambat dan hasil foto cukup terang. Jika perlu, kamu dapat menggunakan tripod untuk membantu kameramu lebih stabil sehingga hasil foto tidak blur, dan kamu dapat menggunakan shutter speed lambat agar hasil fotomu cukup terang dan tidak noise.

Kamu dapat berkreasi dengan mengambil langit sebagai latar belakang dengan lampu-lampu yang akan mempercantik hasil fotomu.