Tips Foto Jurnalistik

Setelah tau apa itu EDFAT, nah yuk kita belajar beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat foto jurnalistik :

1. Antisipasi

Kamu perlu berlatih memotret saat berada di lapangan langsung dengan kondisi yang sebenarnya sehingga kamu tidak bingung lagi dengan settingan kamera dan lebih fokus untuk mendapatkan momen.

2. Penelitian

Kamu perlu untuk mengetahui semua tentang tempat yang akan kamu kunjungi, maka penelitian sangat diperlukan terutama untuk tempat yang baru pertama kali akan dikunjungi. Juga tentang isu apa yang akan kamu angkat nantinya.

3. Reach out

Kamu perlu untuk membangun koneksi dan berteman dengan semua orang sebanyak mungkin, misalnya dengan pengemudi, penerjemah, dan lainnya karena mungkin kita akan membutuhkan bantuan mereka suatu saat nanti.

4. Prioritas

Kamu perlu mengetahui prioritas apa yang mau kamu potret. Perlu untuk mengetahui kemampuan diri, diskusikan dengan tim dan fokus pada cerita yang mau diangkat karena kamu tidak mungkin dapat memotret semuanya sekaligus.

5. Latihan

Sangat penting untuk menguasai kamera yang kamu gunakan dan cara memaksimalkannya. Percuma jika kamu menggunakan kamera berteknologi tinggi tapi kurang menguasainya.

6. Bergaul

Perlu untuk meluangkan waktu berinteraksi dengan orang-orang lokal di daerahmu memotret untuk mendapatkan informasi lebih banyak daripada menggunakan waktu untuk meriview hasil foto saat senggang.

7. Kuasai subjek

Kamu dapat mendatangi subjek dahulu sebelumnya untuk ngobrol dan berinteraksi sehingga waktu memotret sudah tidak canggung lagi.

8. Pengaturan kamera

Kamu perlu untuk memperhatikan dalam pemilihan lensa dan diafragma yang kamu gunakan karena sangat berpengaruh pada hasil foto.

9. Sudut pandang

Kamu dapat mencari sudut pandang yang berbeda dengan fotografer lainnya. Hindari pengulangan dan gambar standar. Kamu dapat mencari sudut pengambilan yang menjadi ciri khasmu.

10. Ekspresi subjek

Perlu diperhatikan ekspresi subjek. Jangan sampai orang salah mengartikan antara menangis atau tertawa.

Dari semua tips di atas yang terpenting adalah nilai kejujuran yang berdasarkan fakta yang objektif karena foto jurnalistik memiliki pengaruh yang besar terhadap pendapat dan pemikiran publik.