Tips Foto Golden Hour

Golden hour adalah waktu dimana posisi matahari selaras dengan garis cakrawala. Warna yang dihasilkan hangat dan bagus untuk difoto. Biasanya golden hour ini satu jam sebelum matahari terbenam. Kamu bisa lihat beberapa tips di bawah ini :

1. Lokasi

Kamu perlu menentukan dulu mau mengambil fokus pada matahari atau foto potrait, atau saat mulai blue hour. Disarankan untuk datang lebih awal, satu jam sebelum golde hour karena biasanya waktunya cukup singkat, jangan sampai kelewatan. Saat sunset, cahaya yang dihasilkan lebih hangat dan cenderung keorenan.

2. Peralatan

Untuk peralatan yang digunakan cukup simple, kamu hanya memerlukan tripod untuk membantu menangkap hasil foto yang maksimal. Kamu dapat bereksperimen dengan menggunakan berbagai jenis lensa, misalnya lensa wide.

3. Setting kamera

Untuk setting pada kamera kamu dapat menggunakan white balance cloudy. Hasil fotomu akan menjadi lebih hangat dan banyak warna-warna yang dihasilkan golden hour. Turunkan ISO untuk menghindari noise. Kurang lebih kamu dapat mengikuti pengaturan ini, dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing ya :

ISO 100, Eksposure +0.7, Aperture f/2.8 (jika kamu menginginkan efek bokeh), f/14 (jika kamu menginginkan foto tajam).