Tips Foto Flatlay Makanan

Siapa sih yang ga suka foto makanan..? Pasti hampir semua suka ya.. Tapi kadang suka bingung ga sih waktu mau nata makanannya? Akhirnya makanannya sampe dingin baru kelar foto.. Yuk yuk disimak tipsnya..

1. Gunakan tangan

Kamu bisa menggunakan tangan untuk memberikan variasi pada fotomu. Misalnya ada tangan yang memegang sendok, atau sedang mengambil gelas. Perlu diingat agar posisi tangan lebih baik di bagian tepi frame sehingga makananmu tetap menjadi subjek utamanya tidak terganggu oleh tangan. kamu juga bisa memasukkan tangan lebih dari satu, hanya untuk peletakannya sebaiknya di beberapa sudut dan tidak bergerombol di satu area saja.

EOS RP, lensa RF24-105mm f/4L IS USM, f/5.0, 37mm, 1/80 detik, ISO250
Source : https://snapshot.canon-asia.com/

2. Elemen garis

Elemen garis bisa banget digunakan dalam fotografi ini. Kamu dapat membuat dengan garis-garis pada waffle yang disusun beraturan. Dengan pola yang berulang dapat memberikan efek ketenangan dan menyenangkan.

EOS RP, lensa RF24-105mm f/4L IS USM, f/4.0, 88mm, 1/60 detik, ISO200

3. Dari besar ke kecil

Untuk menata makanan sebaiknya dari benda yang berukuran besar ke kecil. Sebaiknya kamu sudah mempersiapkan terlebih dahulu seperti tatakan, atau taplak meja. Setelah itu baru kamu menambahkan elemen-elemen kecil di dalamnya untuk mempercantik fotomu.

EOS RP, lensa RF24-105mm f/4L IS USM, f/4.0, 43mm, 1/80 detik, ISO200

4. Berkesperimen dengan pola dan tekstur

Kamu bisa menggunakan beberapa elemen sekaligus pada foto, mulai dari yang halus sampai kasar. Tekstur dan pola tersebut akan saling melengkapi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kedalaman pada hasil fotomu. Perlu diingat untuk tidak menggunakan tekstur yang terlalu kontras dengan makananmu. Selain itu buat pola yang menenangkan mata tidak berantakan kesana kemari dan sesuaikan dengan konsep yang kamu inginkan.

EOS RP, lensa RF24-105mm f/4L IS USM, f/5.0, 37mm, 1/80 detik, ISO250

5. Ambil gambar dengan pandangan mata burung

Mengambil gambar flatlay ternyata akan lebih baik jika diambil dengan pandangan mata burung agar makanan terlihat seperti dari atas dan tidak terdistorsi. Selain itu kamu bisa menggunakan bantuan tripod untuk mempermudah dan kamu bisa menata makanan dengan lebih leluasa.

EOS 6D, lensa EF24-105mm f/4L IS USM, f/4.5, 24mm, 1/60 detik, ISO400