Tips Foto Dengan Kamera HP (Part 2)

7. Ambil banyak foto

Tidak ada yang salah dengan mengambil banyak foto. Dengan mengambil banyak foto kamu bisa punya pilihan foto yang paling bagus. Sayang banget kalau kamu udah jauh-jauh, ambil foto hanya sekali, waktu dicek di rumah ternyata hasilnya kurang bagus. Kamu juga bisa menggunakan mode burst untuk mengambil foto banyak sekaligus dalam satu waktu.

8. Mode panorama

Mode panorama saat ini sudah banyak tersedia di smartphone, malah jarang dijumpai pada kamera DSLR. Mode ini cocok untuk mengambil foto landscape, atau jika pada smartphone mu belum tersedia, kamu bisa download aplikasi Photosynth pada IOS dan Autostitch Panorama Pro dan Google Camera pada Android. Kamu hanya perlu menjaga tanganmu tetap stabil dan subjek yang diambil tidak bergerak.

9. Bereksperimen dengan angle dan perspektif

Keuntungan smartphone yang lebih ringan daripada kamera DSLR, kamu bisa memotret dengan angle yang tidak biasa dan ekstrim. Banyak manfaat yang bisa kamu gunakan, misalnya memotret dari sudut yang sempit tanpa kesulitan menyusun komposisi, atau memotret dari ketinggian yang curam. Banyak hal yang bisa kamu eksplor sehingga hasil fotomu tidak biasa saja.

10. Fitur auto fokus

Fitur auto fokus sudah banyak dimiliki smartphone jaman now. Kamu bisa membuat efek bokeh pada fotomu. Kamu bisa memilih subjek yang kamu inginkan, usahakan berjarak kurang dari 1 meter.

11. Objek bergerak

Tidak disarankan untuk memotret objek bergerak dengan kamera hp karena kamera pada hp tidak secepat kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless. Kecuali smartphone mu dilengkapi dengan shutter speed yang cukup cepat untuk menangkap subjek bergerak tersebut.

12. Edit foto, jangan pakai filter

Saat ini lagi tren banget yang namanya filter, kamu bisa mendapatkan hasil foto dengan hasil yang berbeda. Tapi ternyata penggunaan filter bisa menghilangkan beberapa titik fokus pada hasil fotomu loh Sobat KEE.. Maka disarankan supaya kamu mengambil fotomu tanpa filter, baru kemudian diedit dengan aplikasi untuk menambahkan filter. Dalam proses editing biasanya relatif tergantung dari kreatifitas masing-masing. Lebih baik jika hasil fotomu tampak simpel tidak terlalu banyak hiasan dan filter. Sesuatu yang berlebihan hasilnya pasti kurang baik.

13. Hindari penggunaan fitur lens flare

Pada beberapa kamera hp sudah terdapat fitur lens flare. Tapi hasil fotomu akan terlihat tidak alami dan natural. Untuk mendapatkan efek tersebut kamu cukup arahkan sumber cahaya ke sudut bingkai kamera, hasilnya akan terlihat lebih natural.