Tips Diptych Photography (Part 1)

Untuk membuat foto diptych tidak harus dua foto, tapi bisa juga 3 foto (triptychs) atau lebih (polyptychs). Beberapa ide yang bisa kamu coba :

1. Memperlihatkan 2 momen berbeda dengan pergerakan

Dalam fotografi pergerakan bisa mengubah keseluruhan gambar, misalnya dalam sport photography kalau kamu mengambil gambar sedikit terlalu awal atau terlalu lambat hasilnya akan sangat berbeda. Kamu bisa mencoba menggunakan mode burst untuk mendapatkan beberapa pergerakan, komposisi dan angle sekaligus. Kalau ada foto yang blur, jangan buru-buru dihapus karena bisa saja kamu jadikan salah satu bahan untuk foto diptik.

Source : https://expertphotography.com/

2. Gunakan double eksposure

Kamu bisa menggunakan penggabungan dua gambar yang saling melengkapi, misalnya manusia dengan alam akan menghasilkan perpaduan yang menarik. Tapi jangan sampai terlalu over ya. Kamu juga bisa membuat kontras antara background dengan gambar ke 2, misalnya gambar background hitam putih dengan gambar ke 2 yang berwarna.

Source : https://expertphotography.com/

3. Angle berbeda

Foto minimalis simple juga bisa kamu jadikan foto diptik loh. Kamu bisa coba mengeksplor angle dan juga pergerakan kameramu. Angle yang berbeda bisa memberikan efek cahaya yang berbeda juga, bahkan mungkin ada detail-detail yang kamu tidak ketahui sebelumnya, selain itu ada juga bayangan yang bisa kamu eksplor.

Source : https://expertphotography.com/

4. Eksplor emosi

Kamu bisa menonjolkan sebuah emosi, atau bisa juga menunjukkan kemiripan emosi dengan ekspresi yang berbeda. Perlu diingat kalau kamu menggunakan model, kenali ekspresinya terlebih dahulu dan temukan hal yang menarik untuk bahan foto diptik mu.

Source : https://www.pashanddapper.com/

5. Gunakan variasi depth of field

Kamu bisa mencoba berkreasi dengan beberapa variasi dof dan keluar dari comfort zone mu, hasilnya akan berbeda dan bisa saja mengejutkan.

Source : https://expertphotography.com/