Tips Color Grading

Beberapa tips untuk kamu yang baru mau mulai coba color grading nih..

1. Mengubah white balance

Kamu bisa mengubah white balance (temperature dan tint), eksposure, kontras, highlight, white and black pada fotomu. Pastikan kamu sudah ada bayangan efek foto seperti apa yang mau kamu dapatkan. Dengan mengubah white balance bisa membuat fotomu menjadi lebih hangat atau lebih dingin.

Source : https://contrastly.com/

2. Membuat warna lebih cerah

Kamu bisa menambahkan saturation pada fotomu, atau juga bisa menambahkan color balance pada warna yang kamu inginkan. Disarankan untuk tidak terlalu mengutak atik bagian magenta-green.

3. Foto luar ruangan

Untuk edit foto sebaiknya kalau kamu foto di dalam ruang jangan mengedit background nya, disarankan untuk mengedit saat kamu foto di luar ruangan.

4. Saturation

Dalam menggunakan saturation baik di Photoshop atau Lightroom, cobalah berkesperimen terutama pada kulit subjek. Pastikan jangan sampai over-saturate atau under-saturate.

Source : https://contrastly.com/

5. Buat efek cinematic

Kamu perlu untuk memilih subjek yang tepat, dan bayangkan efek seperti apa yang mau kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa memilihi lokasi yang tepat. Misalnya kamu memotret anak kecil sedang duduk di pinggir danau pada sore hari sekitar jam 3-4. Warna yang didapatkan mungkin sudah cukup baik, kamu bisa menambahkan kontras, membuat langitnya lebih biru dan dramatis. kamu juga bisa menambahkan efek grain ke dalam fotomu.