Tips Candle Light Photography (Part 1)

Source : https://infotografi.com/

Sobat KEE pernah denger jenis foto yang satu ini? Sesuai namanya, jenis fotografi ini menggunakan lilin sebagai sumber cahaya. Kebayang donk ya, cahaya minim adalah hal pertama yang harus kamu hadapi. Tenang, yuk kita bahas tipsnya..

1. Matikan flash

Penting banget buat kamu matikan flash untuk mendapatkan cahaya alami lilin. Kalau kamu nyalakan flash otomatis cahaya lilin akan tertutup cahaya flashmu.

2. Gunakan tripod

Untuk cahaya minim, gunakan tripod untuk mendapatkan cahaya yang tajam karena kamu perlu menurunkan shutter speed untuk mendapatkan foto yang cukup cerah, tapi rawan blur. Kamu juga bisa menggunakan shutter release untuk mengurangi guncangan pada kamera.

3. Tambahkan lilin

Boleh banget untuk menambahkan lilin sehingga sumber cahayanya lebih terang sehingga bisa membantu kamu dalam pengaturan eksposure.

4. Perlebar jarak lilin

Kalau kamu bingung dengan bayangan yang kuat pada subjek, kamu bisa coba memperlebar jarak lilin dengan subjek sehingga bayangan yang terbentuk lebih lembut.

Source : unsplash

5. Tambahkan reflektor

Reflektor juga bisa digunakan untuk menambahkan cahaya. Kamu bisa menggunakan kain serbet putih atau benda warna putih yang ada di sekitarmu.

6. Lensa cepat

Kalau kamu memiliki beberapa jenis lensa, pilih lensa tercepat karena lensa tersebut memiliki bukaan lebar yang bisa membantu lebih banyak cahaya masuk. Tetapi perlu diingat juga kalau lensa dengan bukaan lebar, area fokusnya makin kecil.