The Living Photographs

Mungkin di antara Sobat KEE pernah mendengar nama Arthur Mole.. Pria kelahiran Inggris ini terkenal dengan karyanya The Living Photographs atau foto hidup. Ia memulainya saat perang dunia I dengan mengumpulkan 10.000 tentara militer yang diatur sedemikian rupa membentuk sebuah objek yang dapat dilihat dari perspektif menara pandang setinggi 80 kaki atau setara dengan 24 meter. Kalau kamu melihat dari atas menara baru mengerti bentuk apa yang sedang dibuat. Arthur dibantu oleh seorang asisten bernama John D Thomas.

Source : https://infotografi.com/

Ini salah satu hasil fotonya. Jangan salah Sobat KEE, untuk membuat foto ini tidak mudah prosesnya. Ga cuma berdiri aja, kabarnya 18.000 tentara yang dianggap cocok membentuk patung liberty harus memakai seragam bahan wol dan berdiri di bawah suhu 40.5 derajat celcius selama beberapa jam! Wah kebayang kan gimana rasanya..

Prosesnya sendiri bisa memakan waktu beberapa minggu. Caranya dengan memasang garis besar pada gambar yang diinginkan pada kamera dari atas menara, kemudian para tentara di bawah diarahkan agar berada tepat sesuai penanda yang ada. Berikut beberapa hasil fotonya :

Keren banget kan hasilnya.. Tapi effort yang dikeluarkan ga tanggung-tanggung. Mungkin ada Sobat KEE yang mau mencoba? ;)