Tempat Jual Foto Online

Buat Sobat KEE yang mau coba mendapatkan penghasilan dari hobi bisa banget cobain yang satu ini. Daripada banyak foto nganggur di memori, kamu bisa menjadi kontributor untuk stock photo. Beberapa situs bahkan berani memberikan $100 per foto loh! Kalau ada 10 foto yang terjual kamu bisa dapat 10 juta lebih. Lumayan banget kann.. Tapi pastinya tiap situs punya ketentuan dan tata caranya masing-masing yah..

1. 500px Prime

Pada situs ini terdapat 5 juta fotografer dari seluruh dunia yang aktif mengupload hasil jepretan mereka. Komisi yang diterima 70% dari setiap lisensi foto yang terjual, dengan komisi standarnya $250. Ada beberapa jenis lisensi, kamu bisa mencari tahu lebih banyak di situsnya langsung.

Source : https://500px.com/

2. SmugMug

Situs yang satu ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Setiap foto yang terjual, kamu bisa mendapatkan 85% dari harga jual foto tersebut. Tapi kamu perlu menjadi member premium sekitar 150rb per bulan. Di situs ini kamu juga bisa menentukan harga jual yang menurutmu cocok untuk fotomu.

Source : https://www.smugmug.com/

3. Shutterstock

Di shutterstock kamu bisa mendapatkan komisi sampai $120 per gambar yang dibeli, meskipun penetapan harganya cukup rumit dibanding situs lainnya. Pasar orang yang membeli gambar atau video dari shutterstock cukup tinggi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan komisi dari keuntungan orang yang kamu ajak bergabung sebagai kontributor. Menarik yah..

Source : https://www.shutterstock.com/

4. iStockphoto

Untuk situs yang satu ini sudah berdiri sejak 2001. Untuk menjadi kontributor tidak semudah situs lainnya, mereka akan memeriksa orang yang mendaftar apakah cocok dengan situs tersebut. Kalau kamu cocok, kamu harus menjawab beberapa pertanyaan lagi untuk menjadi member. Langkah terakhir adalah mengupload hasil karyamu apakah sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan tim iStockphoto. Komisi yang didapatkan sekitar 15% dari setiap penjualan foto, sedangkan kalau terdaftar sebagai kontributor ekslusif, komisi yang kamu dapatkan menjadi 45%.

Source : https://www.istockphoto.com/

5. Etsy

Situs yang satu ini cukup lengkap ya, mulai dari pernak pernik dekorasi nikah, kostum halloween, juga tempat jual foto. Komisi yang didapatkan cukup besar karena Etsy hanya mendapat 20 sen dari tiap foto yang terjual dan 3.5% dari harga jual. Tapi kamu perlu usaha ekstra agar fotomu terjual dengan mempromosikan di media sosial atau di situs lainnya agar fotomu terjual.

Source : https://www.etsy.com/