Teknik Memotret Flatlay

Flatlay merupakan salah satu jenis foto yang paling populer saat ini. Kamu dapat memotret berbagai macam benda mulai dari makanan, baju, sampai aksesoris dengan cara ini. Tapi tentunya ada cara-caranya agar foto flatlaymu terlihat menarik, apa aja sih?

1. Gunakan cahaya alami

Gunakan cahaya alami matahari untuk mendapatkan hasil yang natural. Kamu dapat memotret di samping jendela dan mengatur kameramu agar hasil fotomu mendapatkan jumlah cahaya yang pas. Kamu dapat memotret dengan cahaya dari samping atau belakang untuk memberikan dimensi dan tekstur pada foto.

Canon EOS 1100D, EF35mm f/2 IS USM, f/5.0, 1/60, ISO 800 oleh Robert Sheie
Source : https://snapshot.canon-asia.com

2. Buat tema foto

Kamu dapat membuat tema terlebih dahulu sehingga fotomu dapat memberikan suasana atau ada pesan yang ingin disampaikan seperti makan siangmu hari ini, atau hal menarik yang sedang kamu kerjakan. Selain itu usahakan agar objek-objek nya berwarna senada dan saling mendukung sehingga terlihat lebih selaras.

Canon EOS 5D Mark III, f/11, ISO 100 oleh Michelle McGrady

3. Komposisi yang menarik

Foto flatlay yang menarik tidak lepas dari komposisi yang menarik. Kamu dapat membuat ketinggian pada beberapa objek sehingga tidak terlihat rata, selain itu pilih satu objek yang menjadi fokus dan menarik dari atas.

Canon EOS 60D, EF50mm f/1.4 USM, f/7.1, 1.6, ISO 200 oleh Marcus Rodriguez

4. Perhatikan sudut pemotretan

Perhatikan sudut pemotretan, foto flatlay bagus untuk difoto dari atas. Kamu dapat menggunakan tangga untuk membantumu mendapatkan sudut yang tepat. Tapi jangan sampai menghalangi cahaya masuk.

5. Temukan gaya fotomu

Kamu dapat mencoba berbagai macam bentuk, garis agar hasil fotomu lebih dinamis. Selain itu kamu juga dapat menggunakan berbagai macam tekstur berbeda, tetapi jangan terlalu berlebihan. Semakin banyak berlatih, maka kamu akan semakin peka.

Canon EOS 60D, EF50mm f/1.4 USM, f/7.1, 1.6, ISO 200 oleh Marcus Rodriguez