Teknik Foto Backlight

Foto ini termasuk salah satu jenis foto yang populer. Banyak yang mengkombinasikan teknik ini dengan foto model sehingga membuat subjek lebih berdimensi tetapi tetap halus dengan cahaya matahari apda bagian belakang. Kebanyakan orang suka menaruh matahari di belakang subjek. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan :

1. Posisikan model di depan matahari

Pada jenis foto ini, posisikan model di depan cahaya matahari langsung tanpa ada cahaya pada wajah. Ubah mode metering ke spot metering, arahkan pada wajah model untuk mendapatkan eksposure yang bagus.

2. Wajah model

Saat memotret biasanya wajah model yang membelakangi matahari akan terlihat agak gelap jika dibandingkan dengan latar belakangnya. Kamu dapat menggunakan reflektor atau cahaya tambahan pada bagian depan model sehingga tidak terlalu kontras dengan background.

3. Gunakan kompensasi eksposure

Disarankan untuk tidak menggunakan mode aperture priority karena biasanya hasil fotomu akan terlihat terlalu terang. Kamu dapat menggunakan kompensasi eksposure untuk menaikkan dan menurunkan eksposure pada metering kamera sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Mengkompensasi eksposure cukup mudah, pada kamera Canon, kam dukup putar quick control dial pada bagian belakang kamera sambil melihat panel LCD di atas. Putar ke kiri untuk membuat lebih gelap, putar ke kanan untuk membuat lebih terang. Pada kamera Nikon, tekan tombol exposure compensation (+/-) pada bagian atas, putar command dial pada bagian belakang kamera dan lihat LCD panel.