Teknik Dasar Pengambilan Video (Part 1)

Untuk membuat video yang bagus, pastinya sangat bergantung pada kemampuan videografer dalam mengambil angle yang bagus dan menarik perhatian. Yuk kita belajar teknik pengambilan video biar seperti profesional..

1. Ambil gambar per adegan

Waktu syuting terutama untuk acara seperti interview yang terdapat banyk subjek disarankan untuk memiliki lebih dari satu kamera untuk mengambil dari arah yang berbeda-beda, tidak hanya dari satu arah saja. Pesan yang ingin kamu sampaikan harus cukup jelas sehingga penonton tidak jenuh. Oleh karena itu diperlukan lebih sari satu kamera untuk memberikan penekanan pada suatu adegan atau pesan yang ingin disampaikan.

2. Hindari penggunaan zoom

Sebaiknya hindari penggunaan zoom karena dapat membuat penonton pusing dan videomu terlihat amatir. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan zoom baik digital maupun optical karena dapat merusak kualitas video yang kamu rekam. Jika sangat terpaksa kamu harus menggunakan zoom, lakukan dengan perlahan dan jaga kamera agar tetap stabil.

3. Isi frame dengan subjek

Ambil gambar dengan baik dan jangan takut untuk untuk berkesplorasi dengan penempatan subjek pada video. Misalnya ketika kamu mengambil gambar anak sedang berenang, akan lebih menarik jika kamu tidak hanya mengambil suasana saat di kolam tetapi juga mengambil saat anak-anak tersebut sedang berjalan menuju kolam sambil ngobrol dan bercanda dengan temannya.

4. Ambil gambar mendetail

Mungkin kamu ingin menunjukkan lokasi pengambilan videomu dengan menggunakan wide shot, tetapi kamu juga perlu untuk mengambil detail seperti lampu jalan, jejak kaki di pantai, dsb. Dengan detail tersebut kamu bisa memberikan gambaran lebih jelas pada penonton dan memberikan penekanan pada suatu objek.