Teknik Coffeetography

Ga perlu bingung lagi buat Sobat KEE yang doyan foto kopi. Ada beberapa tekniknya yang bisa kamu coba nih :

1. Potret lebih dekat ke Point of Interest (POI)

Kamu bisa memperbesar objekmu untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam dan fokus yang jelas. Kamu dapat mengisi frame fotomu dengan subjek yang kamu inginkan sehingga tidak banyak ruang kosong yang tersisa. Tapi perlu diingat tidak perlu memasukkan semua subjek sehingga membuat subjek utamamu tenggelam.

EOS M5; EF-M22mm f/2 STM; 22mm; 1/640 sec; f/2.5; ISO-400
Source : https://snapshot.canon-asia.com/

2. Atur komposisi

Atur komposisi fotomu dengan bantuan aturan seperti rule of thirds, atau aturan simetris sehingga mempermudah kamu dalam memotret.

3. Mainkan Dof

Dalam memotret tidak ada aturan baku yang mengharuskan sebuah foto fokus semua atau blur semua, semuanya tergantung dengan mood, konsep, dan hasil foto yang diinginkan. Gunakan difragma lebar (angka kecil) untuk latar belakang blur, dan diafragma sempit (angka besar) untuk hasil yang fokus pada semua area. Misalnya waktu musim hujan gini sambil minum kopi moodnya lebih cocok foto yang blur pada background.

4. Cahaya yang cukup

Kamu bisa memotret di samping jendela atau di bagian depan kafe sehingga cahaya pada fotomu cukup. Atau kamu juga bisa menggunakan efek bayangan sehingga fotomu tidak monoton.

EOS M5; EF-M22mm f/2 STM; 22mm; 1/1250 sec; f/2.8; ISO-1000

5. Edit foto

Langkah terakhir adalah megedit foto. Kamu bisa menambahkan tone atau edit warna sehingga sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa mengedit dengan lightroom, photoshop atau aplikasi pada handphone seperti VSCO.

EOS M5; EF-M22mm f/2 STM; 22mm; 1/400 sec; f/2.0; ISO-160